Kompas.com - 26/06/2022, 21:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ragam oli mesin untuk mobil memang sangat banyak. Mulai mereknya, spesifikasinya, serta harganya. Semua itu dibuat memang untuk memenuhi kebutuhan mesin yang berbeda satu dengan yang lain.

Sehingga, untuk menentukan mana oli terbaik tidak bisa ditentukan secara umum, melainkan harus spesifik untuk mobil apa, tahun berapa dan lain sebagainya.

Ketentuan spesifikasi oli mesin tersebut cukup jelas dan mudah dibaca, seharusnya pemilik kendaraan tidak sampai salah memilih oli.

Baca juga: Intip Kondisi Mesin Mobil dari Warna Oli

Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11Cakra Motor 11 Deretan pelumas yang dipasarkan Cakra Motor 11

Tapi sayangnya, di pasaran banyak dijumpai oli palsu. Ini artinya, ada oknum yang dengan sengaja mengganti isi oli dan menggunakan kemasan suatu merek oli. Hal ini sangat berbahaya dan merugikan banyak pihak.

Pemilik Sriyatin Car spesialis Nissan & Datsun, Agus Setiawan mengatakan, dampak menggunakan oli palsu bisa sangat fatal, terakhir kali pernah sampai membuat mesin mati total dengan kondisi satu lengan piston patah.

“Ini hanya dugaan, tidak berani menyimpulkan, sebab mobil pelanggan saya dipakai wajar di dalam kota, tiba-tiba mesin mati. Pas saya datangi kondisinya sudah ngunci, setelah dibongkar mesinnya, oli sudah menjadi keras seperti lem, lengan piston patah satu. Pelanggan saya mengaku habis ganti oli mesin yang dibeli secara online,” jelasnnya.

Agus menduga hal itu bisa terjadi lantaran oli yang dibelinya sudah dipalsukan. Walau pun kemasannya merek ternama. Dia juga menghimbau untuk selalu hati-hati membeli oli, pilih penyetok atau toko yang terpercaya, jangan tergiur dengan harga yang lebih murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.