Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Mulai Serius Garap Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 21/06/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTVS Indonesia rupanya telah menyiapkan produk motor listrik yang diberi nama iQube. Jika tak ada aral melintang, kemungkinan inilah motor listrik berbasis baterai pertama yang akan dijual oleh anggota AISI secara luas.

Rizal Rizkiawan Tandju, Deputy GM Marketing PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan tes pasar.

Salah satu hal yang bakal dipelajari adalah pemilihan skema isi ulang baterai, dengan metode charging atau swap baterai.

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Kisaran Harga Rp 200 Jutaan

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

“Karena itu sangat berkaitan dengan karakteristik konsumen membawa motor,” ujar Rizal di Jakarta, belum lama ini.

“Kami terbuka berbagai kemungkinan, tapi kalau melihat yang di India luncurkan baru-baru ini, versinya masih charging. Tapi dengan pilihan range yang berbeda-beda,” kata dia.

Seperti diketahui, TVS resmi meluncurkan motor listrik TVS iQube di India pada awal 2022. Secara garis besar, desain TVS iQube ala skutik retro tapi dipadukan dengan sentuhan modern.

Baca juga: Lihat Betapa Bahayanya Jalan Tol di Indonesia

Salah satu fitur menarik adalah tersedianya teknologi Regenerative Braking. Fitur ini memungkinan baterai mengisi ulang lewat daya yang dihasilkan ketika mengerem.

Spesifikasi TVS iQube menggunakan motor listrik 4,4 kW dengan jarak tempuh mencapai 75 km jika baterai terisi penuh.

Klaim akselerasi dari 0-40 kpj dalam 4,2 detik dan kecepatan maksimal 78 kpj. Bicara soal harga, di India TVS iQube dibanderol 1,15 lakh atau setara Rp 20 jutaan.

Baca juga: Viral, Video Pengemudi Wanita Mengacungkan Jari Tengah ke Ambulans

TVS iQube di ajang Jakarta Fair 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS iQube di ajang Jakarta Fair 2022

Sementara itu, Rizal juga belum bisa memastikan spesifikasi iQube untuk konsumen Tanah Air. Sebab pasar India dan Indonesia diklaim punya karakteristik yang berbeda.

“Tes pasar ini supaya kita tahu, konsumen kita butuhnya apa saja. Karena saya pikir, karakteristiknya beda,” ucap Rizal.

“Mesin bensinnya saja beda antara di sini dengan di sana. Jadi kami tunggu hasilnya, kami olah lagi, kami bawa versi Indonesianya,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com