Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Tetap Dingin

Kompas.com - 15/06/2022, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AC di kabin mobil merupakan komponen penting pada kendaraan. Mengingat Indonesia punya iklim tropis, sehingga suhu udara saat siang hari cukup panas.

Oleh karena itu, AC mobil harus tetap berfungsi dengan baik saat dibutuhkan. Jangan sampai ketika sedang mengemudi di cuaca yang panas, AC malah bermasalah dan membuat tidak nyaman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar AC mobil tetap awet dan tahan lama. Salah satunya, yakni dengan melakukan pembersihan komponen di dalam AC dan tata cara penggunaannya.

Baca juga: Bolehkah Pasang Suhu AC Mobil Paling Rendah atau Paling Dingin?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan agar AC mobil tetap awet dan bekerja secara baik.

"Untuk bagian kabin, bisa dilakukan pembersihan atau penggantian filter kabin secara berkala. Sedangkan untuk bagian mesin, bisa melakukan pembersihan komponen penting AC seperti kondensor, kompresor, dan lainnya," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kondisi kabin yang bersih akan membuat sirkulasi udara menjadi baik. Kemudian, pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan kabin dengan tidak membuka kaca jendela terlalu lebar.

Baca juga: Deretan PO dengan Armada Mewah Dream Coach Buatan Adiputro


Tidak disanrankan juga untuk merokok di dalam kabin pada saat AC menyala. Hal tersebut akan menyebabkan udara tidak bersih dan menggangu penumpang lainnya.

Disarankan juga untuk servis AC secara rutin. Servis rutin untuk perawatan AC bisanya meliputi pembersihan filter, evaporator, dan pengecekan serta pembersihan kompresor AC. Servis AC ringan dapat dilakukan setiap 10.000 kilometer sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com