Ingat Lagi Bahaya Pakaian Menjuntai Saat Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 15/06/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kecelakaan sepeda motor akibat penggunaan pakaian yang tidak tepat kembali terekam di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, terlihat seorang ibu terjatuh dari motornya akibat baju gamis berwarna hitam yang dikenakannya tersangkut di roda sepeda motor.

“Sebagai pengingat & supaya lebih hati-hati lagi supaya kejadian serupa tdk terulang kembali bagi yg lainnya... moment hari raya yg pakai baju, celana atau jubah panjang hati2 dan rapikan saat berkendara,” tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Cek Komponen Mobil Ini Setelah Terabas Banjir

Peristiwa ini mengingatkan bahaya dapat ditimbulkan oleh beragam faktor di jalan saat berkendara motor, salah satunya dari pakaian yang tidak tepat.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, memang tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena pakaian atau hijab yang tersangkut gear rantai dan menggulung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Sebelum berkendara harus dipastikan bahwa bagian bawah baju tidak menjuntai, agar tidak tersangkut gear rantai dan menggulung. Sebab, jika hal ini sudah terjadi pasti berakibat fatal,” ucap Agus belum lama ini kepada Kompas.com.

Selain itu, pakaian yang menjuntai bisa menutupi lampu sein motor sehingga pengendara lain tidak bisa melihat pergerakan kendaraan, kondisi ini tentunya sangat berbahaya.

“Bisa diakali dengan mendudukinya atau sedikit melipat dan mengaitkan ke bagian lainnya,” kata Agus.

Baca juga: Replika Morgan Three Wheeler Pakai Mesin Genset

Agus melanjutkan, saat berkendara jangan lupa menggunakan riding gear yang lengkap dan aman.

“Pilihlah helm yang tidak terlalu pas di kepala, biasanya wanita berhijab terganggu karena rambutnya diikat. Oleh sebab itu, demi kenyamanan disarankan untuk menggunakan helm yang sedikit longgar,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.