Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Bahaya Pakaian Menjuntai Saat Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 15/06/2022, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kecelakaan sepeda motor akibat penggunaan pakaian yang tidak tepat kembali terekam di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, terlihat seorang ibu terjatuh dari motornya akibat baju gamis berwarna hitam yang dikenakannya tersangkut di roda sepeda motor.

“Sebagai pengingat & supaya lebih hati-hati lagi supaya kejadian serupa tdk terulang kembali bagi yg lainnya... moment hari raya yg pakai baju, celana atau jubah panjang hati2 dan rapikan saat berkendara,” tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Cek Komponen Mobil Ini Setelah Terabas Banjir

Peristiwa ini mengingatkan bahaya dapat ditimbulkan oleh beragam faktor di jalan saat berkendara motor, salah satunya dari pakaian yang tidak tepat.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, memang tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena pakaian atau hijab yang tersangkut gear rantai dan menggulung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Sebelum berkendara harus dipastikan bahwa bagian bawah baju tidak menjuntai, agar tidak tersangkut gear rantai dan menggulung. Sebab, jika hal ini sudah terjadi pasti berakibat fatal,” ucap Agus belum lama ini kepada Kompas.com.

Selain itu, pakaian yang menjuntai bisa menutupi lampu sein motor sehingga pengendara lain tidak bisa melihat pergerakan kendaraan, kondisi ini tentunya sangat berbahaya.

“Bisa diakali dengan mendudukinya atau sedikit melipat dan mengaitkan ke bagian lainnya,” kata Agus.

Baca juga: Replika Morgan Three Wheeler Pakai Mesin Genset

Agus melanjutkan, saat berkendara jangan lupa menggunakan riding gear yang lengkap dan aman.

“Pilihlah helm yang tidak terlalu pas di kepala, biasanya wanita berhijab terganggu karena rambutnya diikat. Oleh sebab itu, demi kenyamanan disarankan untuk menggunakan helm yang sedikit longgar,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com