Kena Krisis Cip Semikonduktor, Inden Kawasaki Ninja ZX-25R Jadi Molor

Kompas.com - 15/06/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Krisis cip semikonduktor juga melanda Kawasaki Indonesia. Ada satu model yang terkena imbas kurangnya stok semikonduktor yaitu motor sport Kawasaki Ninja ZX-25R.

Michael C Tanadhi, Kepala Pemasaran dan Promosi Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, krisis cip yang melanda global itu membuat pengiriman unit Ninja ZX-25R ke konsumen jadi lebih lama.

Baca juga: Cek Komponen Mobil Ini Setelah Terabas Banjir

Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit SentulIstimewa Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

"ZX-25R kalau yang ABS yang tadinya satu bulan kini bisa jadi dua bulan akibat (krisis) semikonduktor," kata Michael yang ditemui saat peluncuran Kawasaki KLX230S dan KLX230SM, akhir pekan lalu.

Michael mengatakan, model yang terkena hanya Ninja ZX-25R ABS karena cip tersebut digunakan di modul ABS. Berbeda dengan masalah di merek lain yang terkena imbas di speedometer.

Diketahui ada dua negara yang produksi Ninja ZX-25R yaitu Thailand dan Indonesia. Ninja ZX-25R yang diproduksi di Thailand merupakan unit untuk global model. Sedangkan yang diproduksi di Indonesia untuk market lokal.

Baca juga: Mobil Sering Diisi Full Penumpang, Perhatikan Tekanan Udara Ban

Kawasaki Ninja ZX-25RKOMPAS.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R

"Saat ini ZX-25R yang satu-satunya kena semikonduktor karena modul ABS yang kena, itu vendornya dari Jepang, untuk speedometer kebetulan tidak, yang non ABS juga inden hanya saja waktunya lebih pendek sebulan," kata dia.

Per Juni 2022 harga Ninja ZX-25R naik. Tipe ABS yang sebelumnya Rp 118.600.000 menjadi Rp 119.700.000. Adapun ZX-25R model standar dari Rp 101.200.000 naik jadi Rp 102.200.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.