Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN Kembali Gelar Pameran Kendaraan Listrik IEMS Tahun Ini

Kompas.com - 14/06/2022, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akn kembali menggelar pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada 8-10 September 2022.

Pameran akbar kendaraan listrik ini, merupakan bagian dari upaya untuk menyambut kehadiran era kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang trennya sedang positif, termasuk saat pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Dikatakan Ketua Panitia IEMS 2022 Barman Tambunan, sedikitnya ada 30 pemain termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang akan ikut berpartisipasi.

Baca juga: Sampai Kapan Harga Perkenalan Ertiga Hybrid Berlaku?

Booth asosiasi kendaraan listrik Periklindo pada ajang IEMS 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth asosiasi kendaraan listrik Periklindo pada ajang IEMS 2021

"Di antaranya, Toyota, Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, beberapa perguruan tinggi, PLN, dan lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu per-satu," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/6/2022).

Gelaran IEMS 2022 akan mengusung konsep hybrid exhibition dan ada seminar, talkshow, webinar, informasi riset, serta beberapa kegiatan lain seperti uji berkendara (test drive) beragam kendaraan listrik.

Perhelatan terkait, kata Barman, merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi kendaraan listrik.

Baca juga: Menakar Kemungkinan Vespa Elettrica Jadi Buatan Indonesia

"Kami siapkan satu area test drive dengan lokasi layak dan luas. Lahan uji coba charging station juga ada, sehingga pengunjung dapat melihat teknologi itu," kata dia.

Diharapkan, acara tersebut bisa jadi wadah untuk berinteraksi terkait kendaraan listrik sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap jenis transportasi ini.

Menurut Barman, BRIN jadi satu-satunya badan yang saat ini fokus pada pengembangan riset teknologi usai peleburan sejumlah lembaga riset, yakni LIPI, BATAN, LAPAN, BPPT, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com