Suzuki Siapkan Teknologi Mild Hybrid buat Model Lain

Kompas.com - 13/06/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki Ertiga terbaru mengusung teknologi mild hybrid yang dinamakan 'Suzuki Smart Hybrid'. Teknologi ini menggabungkan mesin bensin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berspesifikasi 6 Ah 12 V.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, ke depannya kombinasi teknologi ini bakal diterapkan di produk Suzuki lainnya.

“Jadi kami berencana tidak hanya pada Ertiga saja, melainkan ke line-up kami yang lain,” ujar Donny, kepada wartawan di Jakarta (10/6/2022).

Baca juga: Baru Meluncur, Suzuki Ertiga Hybrid Langsung Diskon Rp 20 Juta

Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga HybridDok. SIS Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga Hybrid

Langkah ini diambil pihaknya untuk menyiapkan target penurunan emisi maupun kebijakan Net Zero Emission yang harus dicapai pada 2060 atau lebih awal.

“Jadi harapannya saat net zero carbon, secara teknologi itu konsumen siap, secara manufacturing keterjangkauan harganya juga siap,” ucap Donny.

Menurutnya, dengan mengenalkan model-model berteknologi mild hybrid di segmen pasar yang diminati konsumen, bakal jadi strategi yang tepat untuk meluncurkan berbagai jenis mobil elektrifikasi ke depannya.

Baca juga: Berapa Harga Baterai dan Biaya Servis Suzuki Ertiga Hybrid?

“Kalau kita tidak mulai untuk memperkenalkan teknologi elektrifikasi kepada pasar yang di bawah Rp 300 juta, akan susah buat kita untuk meng-absorb teknologi ini,” kata Donny.

“Mungkin bisa, tetapi akan menggunakan global sourcing. Tetapi pemerintah kan minta untuk menggunakan teknologi produksi dalam negeri,” tutur dia.

Seperti diketahui, Ertiga Hybrid menggunakan ISG yang berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan kemudian menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery saat kendaraan melambat.

Baca juga: Mulai Besok, Ini Sasaran dan Denda Tilang Operasi Patuh Jaya 2022

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameranDok. SIS Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameran

Energi listrik ini akan memberikan daya tambahan daya atau tenaga ke mesin saat akselerasi, juga akan menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif).

Sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, karena tidak terjadi proses pembakaran pada saat yang tidak perlu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.