Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Teknologi Mild Hybrid buat Model Lain

Kompas.com - 13/06/2022, 11:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki Ertiga terbaru mengusung teknologi mild hybrid yang dinamakan 'Suzuki Smart Hybrid'. Teknologi ini menggabungkan mesin bensin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berspesifikasi 6 Ah 12 V.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, ke depannya kombinasi teknologi ini bakal diterapkan di produk Suzuki lainnya.

“Jadi kami berencana tidak hanya pada Ertiga saja, melainkan ke line-up kami yang lain,” ujar Donny, kepada wartawan di Jakarta (10/6/2022).

Baca juga: Baru Meluncur, Suzuki Ertiga Hybrid Langsung Diskon Rp 20 Juta

Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga HybridDok. SIS Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga Hybrid

Langkah ini diambil pihaknya untuk menyiapkan target penurunan emisi maupun kebijakan Net Zero Emission yang harus dicapai pada 2060 atau lebih awal.

“Jadi harapannya saat net zero carbon, secara teknologi itu konsumen siap, secara manufacturing keterjangkauan harganya juga siap,” ucap Donny.

Menurutnya, dengan mengenalkan model-model berteknologi mild hybrid di segmen pasar yang diminati konsumen, bakal jadi strategi yang tepat untuk meluncurkan berbagai jenis mobil elektrifikasi ke depannya.

Baca juga: Berapa Harga Baterai dan Biaya Servis Suzuki Ertiga Hybrid?

“Kalau kita tidak mulai untuk memperkenalkan teknologi elektrifikasi kepada pasar yang di bawah Rp 300 juta, akan susah buat kita untuk meng-absorb teknologi ini,” kata Donny.

“Mungkin bisa, tetapi akan menggunakan global sourcing. Tetapi pemerintah kan minta untuk menggunakan teknologi produksi dalam negeri,” tutur dia.

Seperti diketahui, Ertiga Hybrid menggunakan ISG yang berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan kemudian menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery saat kendaraan melambat.

Baca juga: Mulai Besok, Ini Sasaran dan Denda Tilang Operasi Patuh Jaya 2022

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameranDok. SIS Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameran

Energi listrik ini akan memberikan daya tambahan daya atau tenaga ke mesin saat akselerasi, juga akan menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif).

Sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, karena tidak terjadi proses pembakaran pada saat yang tidak perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com