Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Sapuan Karet Wiper pada Mobil Tidak Bersih Maksimal

Kompas.com - 11/06/2022, 14:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika karet wiper sudah tidak mampu menyapu kotoran di atas kaca mobil dengan bersih, maka salah satu solusinya adalah ganti.

Tidak perlu berpikir panjang, lebih baik mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk membeli karet wiper daripada membahayakan diri dengan berkendara tanpa penglihatan yang jelas.

Selain harganya yang relatif murah, karet wiper juga mudah di temukan di toko spare part mana saja. Bentuknya juga mirip-mirip sehingga bisa menggunakan segala merek dan jenis spare part asal panjangnya pas.

Memang tidak ada hal yang memberatkan untuk melakukan penggantian karet wiper. Tapi, mengetahui penyebab sapuan karet wiper tidak bersih tetap perlu. Pasalnya, banyak orang mau melakukan sesuatu tapi nggak tahu maksud dan tujuannya sehingga mudah kena tipu.

Baca juga: Ciri-ciri Karet Wiper Mobil Harus Diganti

Kaca mobil dilempari telurYoutube - RDC - The Real Driving Centre Kaca mobil dilempari telur

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan karet yang sudah tidak mampu membersihkan kaca depan pada mobil biasanya dikarenakan usia.

“Usia menjadi faktor utama, bila karet itu sering kena hujan dan panas, lama kelamaan akan mengeras teksturnya. Sehingga, karet wiper yang seharusnya menyapu kotoran dengan baik menjadi meninggalkan sisa karena berkurangnya sifat elastisitas pada permukaan karet tersebut,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022)

Selain karet yang mengeras, wiper yang tidak mampu membersihkan kaca dengan baik bisa saja ditempeli kotoran seperti ranting pohon atau daun. Sehingga, langkah awal sebelum melakukan penggantian, bisa dicoba dulu untuk membersihkannya.

Baca juga: Mobil Lagi Parkir, Perlukah Wiper Depan Diangkat?

Kondisi truk yang dipakai pekerja jembatan di Kabupaten Yahukimo. Tampak lubang di bagian kaca depan truk akibat tembakan yang dilepas KKB Tendius Gwijangge, Papua, Kamis (24/6/2021)Dok Humas Polda Papua Kondisi truk yang dipakai pekerja jembatan di Kabupaten Yahukimo. Tampak lubang di bagian kaca depan truk akibat tembakan yang dilepas KKB Tendius Gwijangge, Papua, Kamis (24/6/2021)

"Kualitas wiper dan pemasangan yang tidak benar juga bisa membuat sapuan wiper tidak bersih, atau karetnya sudah sobek" tambah Ibrohim.

Kualitas wiper ini meliputi bentuk konstruksi wiper dan bahan karetnya. Dengan konstruksi yang tidak pas, wiper tidak dapat menempel pada kaca mobil dengan sempiurna sehingga ada sebagian sisi yang tidak tersapu begitu wiper bekerja.

Pemasangan wiper yang tidak benar dam sobeknya karet wiper juga bisa membuat wiper tidak maksimal dalam bekerja. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal itu bisa terjadi karena ada bagian tertentu yang tidak rapat; ada celah antara kaca dengan karet wiper.

Baca juga: Perlukah Bus Pakai Tiga Wiper di Kaca Depan?

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

Jika karet wiper sudah diganti dengan wiper baru, kualitasnya bagus, pemasangan benar, dan terhindar dari benda asing macam dauh atau ranting pohon, tapi kaca masih saja terlihat kotor maka itu masalah lain.

Bukan lagi soal kemampuan karet wiper tapi ada jamur kaca atau gangguan lain di bagian kaca tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com