Bahas Desain Interior All New Subaru Forester, Mewah dan Elegan

Kompas.com - 09/06/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Subaru Forester menjadi jagoan pertama PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia). Tampilan luar mobil ini terlihat maskulin dan berjiwa petualang.

Tapi, jika lihat bagian kabin atau interiornya, All New Subaru Forester S-EyeSight ini menampilkan sisi yang cukup berbeda. Tampilan dalamnya justru terlihat lebih mewah dan elegan.

Baca juga: Bahas Desain Eksterior All New Subaru Forester, Maskulin dan Modern

Interior All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Interior All New Subaru Forester S-EyeSight

Hampir seluruh bagian interior generasi kelima Forester ini dilapisi dengan material kulit, baik pada bagian pintu maupun dasbor hingga ke konsol tengah.

Posisi mengemudi All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Posisi mengemudi All New Subaru Forester S-EyeSight

Selain itu, yang menjadi perhatian lainnya saat memasuki kabin sport utility vehicle (SUV) ini adalah kehadiran tiga layar instrumennya. Pertama, berada di balik setir. Kedua dan ketiga, letaknya di bagian tengah dasbor, atas dan bawah.

Untuk varian tertinggi yang diuji oleh Kompas.com, seluruh kursinya juga dilapisi dengan kulit. Bangku dengan model semi bucket seat ini juga memberikan kenyamanan tersendiri.

Baca juga: Prodrive P25, Icon Reli Subaru untuk Jalan Raya Cuma Dijual 25 Unit

Interior All New Subaru Forester S-EyeSightDok. Subaru Interior All New Subaru Forester S-EyeSight

Kursinya bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengendara. Pengaturannya secara elektrik dan terdapat memory seat yang dapat menyimpan dua mode pengaturan. Pada bagian sandaran kepala alias headrest, dapat diatur kemiringannya secara manual.

Dari kursi pengemudi, visibilitas terhadap ketiga layar instrumen tetap maksimal. Sebab, kursinya dapat diatur sesuai dengan postur tubuh pengendaranya. Pandangan ke bagian luar mobil, seperti spion dan kap mesin, juga tidak terhalang apa pun.

Posisi duduk All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Posisi duduk All New Subaru Forester S-EyeSight

Selanjutnya, untuk meraih tombol-tombol yang ada di konsol tengah juga test driver Kompas.com yang memiliki postur tinggi 157 cm dan berat 60 kg ini tidak menemukan masalah yang berarti. Tuas transmisi dan tombol pengaturan X-Mode bisa digapai dengan mudah.

Kesulitannya hanya pada saat menyesuaikan dengan tombol yang ada di setir. Khususnya, tombol untuk mengatur layar yang ada di bagian tengah atas dasbor. Namun, itu diyakini hanya masalah waktu saja sampai pemiliknya terbiasa.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Dorong Mobil Pikap Mogok Pakai Kaki

Konsol tengah All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Konsol tengah All New Subaru Forester S-EyeSight

Selanjutnya, jika beralih ke baris kedua, kabin All New Forester ini terasa lapang. Jarak bangku baris pertama dengan baris kedua atau tandem distance cukup lega.

Ruang kaki yang disediakan bisa dikatakan cukup maksimal. Namun, untuk ruang kepala, bagi orang yang memiliki postur 170 cm atau lebih, mungkin akan terasa sempit. Sebab, mobil ini memiliki sunroof yang kacanya akan membuka ke dalam saat diaktifkan.

Head unit All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Head unit All New Subaru Forester S-EyeSight

Bagian bagasinya juga cukup lapang dan terdapat banyak pengait pada beberapa sisinya. Subaru juga memberikan power outlet dengan model car charger untuk dihubungkan dengan perangkat lain untuk berkemah.

Secara keseluruhan, interior All New Subaru Forester S-EyeSight terasa sangat mewah dan elegan. Mobil ini dibanderol 579,5 juta (OTR Jakarta) untuk tipe L dan Rp 659,5 juta (OTR Jakarta) untuk tipe S EyeSight.

Baca juga: Segera Diganti MLFF, Begini Perjalanan Bayar Tol di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.