Mulai 2023, Michelin Siapkan Pilihan Ban Terbatas Tiap Serinya

Kompas.com - 08/06/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi masa depan yang lebih baik, tiap pabrikan mulai fokus untuk mengambil langkah yang lebih ramah lingkungan. Begitu pula dengan Michelin yang memutuskan untuk menggunakan pilihan kompon lebih sedikit.

Sejauh ini, setiap pebalap MotoGP mendapat 12 ban belakang tiap serinya. Ban tersebut untuk sesi latihan bebas, sesi kualifikasi, warm up, dan balapan.

Baca juga: Michelin Dukung Ducati Atas Tuduhan Kecurangan di MotoGP Spanyol

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (7/6/2022), 12 ban tersebut akan dibagi ke dalam beberapa kompon, yakni enam ban kompon soft, empat ban kompon medium, dan tiga ban kompon hard.

Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.Dok. Michelin Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.

Pihak Grand Prix Commission sudah memutuskan, mulai musim 2023, hanya akan ada dua kompon berbeda yang akan digunakan tiap serinya.

Jadi, tiap serinya yang akan digunakan adalah kombinasi Soft dan Medium, Medium dan Hard, atau Soft dan Hard. Kombinasi tersebut berlaku untuk semua pebalap.

Baca juga: Michelin Terus Kembangkan Ban Balap Ramah Lingkungan untuk MotoE

Michelin akan menyediakan tujuh ban untuk tiap pebalap, mulai kompon soft dan kompon hard akan tersedia lima kali.

Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGPMotoGP Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGP

Alasan pengurangan ini adalah karena tiap serinya Michelin harus membawa pulang banyak ban yang belum digunakan. Dengan begitu, pengurangan volume transportasi secara signifikan dapat dilakukan.

Ban yang tidak digunakan tersebut juga tidak digunakan lagi, melainkan akan didaur ulang untuk menjadi ban yang baru. Tentunya, proses tersebut akan memakan biaya dan juga berdampak pada lingkungan.

Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International CircuitFoto: Cycle News Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit

Dengan pengurangan pilihan kompon, tentunya akan memberikan tantangan tersendiri untuk para pebalap agar menyesuaikan dengan ban yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.