Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2023, Michelin Siapkan Pilihan Ban Terbatas Tiap Serinya

Kompas.com - 08/06/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi masa depan yang lebih baik, tiap pabrikan mulai fokus untuk mengambil langkah yang lebih ramah lingkungan. Begitu pula dengan Michelin yang memutuskan untuk menggunakan pilihan kompon lebih sedikit.

Sejauh ini, setiap pebalap MotoGP mendapat 12 ban belakang tiap serinya. Ban tersebut untuk sesi latihan bebas, sesi kualifikasi, warm up, dan balapan.

Baca juga: Michelin Dukung Ducati Atas Tuduhan Kecurangan di MotoGP Spanyol

Dikutip dari Speedweek.com, Selasa (7/6/2022), 12 ban tersebut akan dibagi ke dalam beberapa kompon, yakni enam ban kompon soft, empat ban kompon medium, dan tiga ban kompon hard.

Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.Dok. Michelin Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.

Pihak Grand Prix Commission sudah memutuskan, mulai musim 2023, hanya akan ada dua kompon berbeda yang akan digunakan tiap serinya.

Jadi, tiap serinya yang akan digunakan adalah kombinasi Soft dan Medium, Medium dan Hard, atau Soft dan Hard. Kombinasi tersebut berlaku untuk semua pebalap.

Baca juga: Michelin Terus Kembangkan Ban Balap Ramah Lingkungan untuk MotoE

Michelin akan menyediakan tujuh ban untuk tiap pebalap, mulai kompon soft dan kompon hard akan tersedia lima kali.

Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGPMotoGP Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGP

Alasan pengurangan ini adalah karena tiap serinya Michelin harus membawa pulang banyak ban yang belum digunakan. Dengan begitu, pengurangan volume transportasi secara signifikan dapat dilakukan.

Ban yang tidak digunakan tersebut juga tidak digunakan lagi, melainkan akan didaur ulang untuk menjadi ban yang baru. Tentunya, proses tersebut akan memakan biaya dan juga berdampak pada lingkungan.

Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International CircuitFoto: Cycle News Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit

Dengan pengurangan pilihan kompon, tentunya akan memberikan tantangan tersendiri untuk para pebalap agar menyesuaikan dengan ban yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com