Ini Arti Huruf dan Angka pada Dinding Ban Mobil

Kompas.com - 07/06/2022, 13:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Kebanyakan pemilik mobil minim pengetahuan soal ban. Rata-rata hanya paham soal ukuran dan lebaranya saja. 

Padahal setiap ban memiliki kode, baik berupa huruf atau angka, pada bagian dinding yang juga menjadi sarana informasi. 

Mulai soal tahun produksinya, beban maksimum, jenis, sampai terkait anjuran batas kecepatan. Intinya huruf dan angka pada dinding ban bukan aksesori atau sekadar hiasan. 

Baca juga: Daftar Harga MPV Murah Jelang Peluncuran Suzuki Ertiga Hybrid

Contoh, ban berukuran 205/65/R15 94H. Artinya, angka 205 mewakili lebar ban, sedangkan 65 merupakan tingginya.

Membaca kode banKOMPAS.com/STANLY RAVEL Membaca kode ban

Huruf R memiliki arti radial dan angka 15 adalah diameter ukurannya. Angka 94 memiliki arti kode maksimal daya angkut, sementara H kode batas kecepatan maksimal yang masih aman sesuai anjuran pabrikan, yakni 210 kilometer per jam (kpj).

PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zaenal mengatakan, pada bagian dinding ban juga ada kode angka yang menunjukan usianya. 

"Umur pakai ban bisa dilihat dari kondisinya, jika ada retakan di bagian dinding atau karet alur ban mulai getas, artinya ban tersebut sudah terpakai kurang lebih tiga sampai lima tahun ke atas," ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Seperti kode produksi ban 3120. Dua digit pertama merupakan tanda minggu ke berapa ban diproduksi, sementara dua angka selanjutnya tahun produksi.

Baca juga: Toyota Meluncurkan Corolla Altis Hybrid 2023, Tenaganya Meningkat

Dari kode tersebut dapat disimpulkan bahwa ban itu diproduksi pada minggu ke-31 tahun 2020, atau sekitar minggu pertama Agustus 2020.

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

Selain kode produksi, usia ban juga dapat terlihat dari kondisi fisiknya. Terutama apabila ban mulai menipis, yang bisa dilihat dari Tread Wear Indicator (TWI).

Ban harus secepatnya diganti apabila telah menyentuh TWI, bentuknya berupa gundukan yang posisinya berada di antara kembangan ban. TWI ditandai dengan tanda segitiga kecil di dinding ban,” ujar Zulpata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.