Benarkah Mobil Lebih Kuat Menanjak Saat AC Dimatikan?

Kompas.com - 06/06/2022, 18:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebiasaan mematikan air conditioner (AC) pada mobil masih kerap dilakukan saat melibas tanjakan curam atau medan jalan yang ekstrim.

Banyak yang percaya, dengan mematikan AC dapat mengurangi risiko mobil mogok akibat kehabisan nafas di tengah tanjakan.

Lantas, apakah benar anggapan tersebut bisa membuat putaran mesin lebih bertenaga untuk melewati jalan menanjak?

Baca juga: Gonta-ganti Merek Oli Mobil Tidak Masalah, Asal Perhatikan Hal Ini

Dealer Technical Support Dept Head Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, mematikan AC mobil sebelum menanjak tidak akan memberikan efek apapun pada kendaraan.

Hanya saja, faktor keberhasilan menaklukan medan menanjak adalah kepiawaian dan skill berkendara pengemudi.

"Saat tanjakan, jalanan macet, maka pengemudi harus punya kemampuan stop and go, apalagi pengguna mobil manual. Jika tidak, dikhawatirkan mobil akan mundur," kata Didi, belum lama ini.

Menurut Didi, saat muatan mobil tidak melebihi kapasitas maksimal, mobil akan kuat menghadapi tanjakan.

Artinya, saat mobil masih mampu melewati tanjakan, otomatis fungsi AC tidak harus di matikan.

Baca juga: Setelan AC Mobil yang Pas Saat Suhu Panas di Indonesia Terjadi

Sejumlah kendaraan pemudik yang mengalami kerusakan parkir di bahu Jalan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Puluhan kendaraan pemudik mengalami mogok atau kerusakan akibat tidak kuat menanjak sehingga arus lalu lintas di Jalur Selatan tersendat.ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Sejumlah kendaraan pemudik yang mengalami kerusakan parkir di bahu Jalan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Puluhan kendaraan pemudik mengalami mogok atau kerusakan akibat tidak kuat menanjak sehingga arus lalu lintas di Jalur Selatan tersendat.

Terpisah, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, mematikan AC saat berkendara memang bisa mempengaruhi performa mesin.

Mematikan AC saat melewati jalan menanjak memang bisa mempengaruhi kinerja mobil. Pasalnya kompresor AC digerakan oleh belt dan berputar mengikuti rpm mesin," katanya.

Jika kondisi kompresor AC yang tak digunakan mati, otomatis beban mesinnya juga akan berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.