Gonta-ganti Merek Oli Mobil Tidak Masalah, asal Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 06/06/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aneka macam merek oli mobil di pasaran terkadang membuat masyarakat tergiur untuk mencobanya. Selain penasaran dengan perbedaan kualitasnya, juga tertarik karena harga relatif lebih murah.

Bahkan ada juga yang justru ingin mencoba oli dengan harga lebih mahal. Hal itu tentu saja lumrah terjadi.

Sayangnya sedikit masyarakat yang paham, untuk gonta-ganti oli mesin pada mobil itu ada batasannya. Tidak serta merta bisa ganti dengan berbagai merek dan jenisnya.

Seperti yang dibeberkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, tidak ada masalah jika pemilik kendaraan ingin gonta-ganti merek oli dengan catatan spesifikasi oli masih sama.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Menyalakan Mobil Sebelum Mengecek Oli Mesin

“Tidak masalah bila pemilik kendaraan ingin mengganti oli A atau B karena faktor promosi, harga, atau ingin mencoba kualitas yang lebih baik,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Menurut dia hampir setiap produsen kendaraan tidak pernah menyarankan penggunaan oli dengan merek tertentu. Namun, saran yang biasa diberikan lebih ke jenis olinya. Didi berharap jenis oli ini lah yang menjadi patokan setiap pemilik kendaraan dalam penggantian oli mesin.

“Jangan sampai mobilnya diharuskan menggunakan oli kadar SAE 10-40, tapi malah memakai kadar SAE 0-20 karena lagi ada produk baru. Padahal belum cocok untuk kendaraan,” tambah Didi.

Baca juga: Lupa Jadwal Servis, Begini Cara Cek Kualitas Oli Mesin Mobil

Kendati demikian, Didi tidak menyangkal jika ada pelanggan yang sudah loyal terhadap suatu merek oli. Hal itu pun tidak menjadi masalah, sebab sudah menjadi hak pelanggan untuk memilih oli kesukaannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.