Cek 25 Titik Perluasan Ganjil Genap Jakarta via Peta Digital

Kompas.com - 06/06/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 6 Juni 2022, ruas jalan ganjil genap di DKI Jakarta bertambah menjadi 25 titik dari sebelumnya hanya 13 lokasi.

Perluasan ganjil genap dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang diklaim mengalami peningkatan signifikan setelah adanya pelonggaran pembatasan mobilitas.

"Berdasarkan data yang ada kenaikan volume lalu lintas 6,25 persen," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, seperti dilansir Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Lupa, Ini 25 Ruas Jalan Ganjil Genap Jakarta Berlaku Besok

"Jadi dengan diterapkan 25 ruas jalan. Maka, kinerja lalu lintas pada ruas jalan sibuk itu akan kembali turun, kita harapkan produktivitas masyarakat kembali naik," katanya.

Ilustrasi ganjil genapGanjil genap Ilustrasi ganjil genap

Bagi masyarakat yang ingin mengatahui lebih detail 25 titik ruas ganjil genap Jakarta, bisa melakukan pengecekan melalui peta digital, seperti Google Maps

Pengendara juga bisa memilih rute yang sesuai dengan pelat nomor mobil untuk mencari jalan alternatif.

Seperti diketahui, biasanya Google Maps akan melakukan update data terbaru bila terjadi rekayasa lalu lintas dan penambahan lokasi ganjil genap.

Baca juga: Kasus Pemukulan di Tol Dalam Kota, Bahu Jalan Jadi Sumber Keributan

Cara pengecekan melalui layanan peta digital bisa dilakukan dengan mengaktifkan lebih dulu sistem GPS pada ponsel, baru diteruskan dengan beberapa langkah berikut ;

  • Pilih lokasi yang akan dikunjungi menggunakan tombol Directions untuk mengetahui rute perjalanan yang akan di lewati.
  • Pilih mode jenis kendaraan mobil dengan menekan ikon bergambar mobil menuju lokasi tujuan. Tindakan otomatis memunculkan opsi rute alternatif menghindari ruas jalan ganjil genap.
  • Selanjutnya, tekan ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi dan pilih “Route Options”.
  • Lalu akan muncul menu opsi Driving Options yang menanyakan pelat nomor kendaraan ganjil atau genap. 
  • Setelah menentukan jenis pelat nomor, klik tombol Done. Google Maps akan menampilkan rute mana yang sebaiknya Anda lalui.

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap Berlaku 6 Juni, Pelanggar Tak Langsung Ditilang

Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.

Operasional ganjil genap Jakarta pada 25 titik dimulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB, sepanjang Senin sampai Jumat.

Sedangkan untuk hari libur nasional, sistem ganjil genap tidak berlaku. Termasuk pada Sabtu dan Minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.