Beredar Video Cara Ketahui Mobil Pernah Terendam Banjir, Bagaimana Cara yang Benar?

Kompas.com - 05/06/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video cara mengetahui mobil bekas banjir di Instagram. Dalam video yang diunggah oleh akun @inspector_mobil terlihat banyak sekali karat di bagian rangka mobil yang terbuat dari besi.

Selain itu disebut juga bekas lumpur di baut dan soket perangkat elektronik bisa dijadikan indikator bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir.

Pada penjelasanterakhir akun tersebut juga mengatakan kemudi yang oblak bisa dijadikan tanda bahwa mobil pernah terendam banjir. Apakah benar demikian?

Tanggapan dari masayarakat pun beragam, ada yang membenarkan tapi ada pula yang mempertanyakan kebenaran metode tersebut, apakah bisa dijadikan bukti bahwa mobil tersebut pernah mengalami banjir.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Estimasi Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir | Mobil Terendam Banjir Bisa Normal Lagi?

Menurut Nissan Technical Support Bintaro, Fandi Ahmad, mobil yang pernah terendam banjir akan meninggalkan jejak yang cukup jelas mulai dari chasis yang berkarat dan bekas basah di karpet dasar. Dia juga mengatakan untuk lebih pastinya bisa melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

Polisi dan warga mendorong mobil yang mogok di jalur wisatawan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Polisi dan warga mendorong mobil yang mogok di jalur wisatawan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

“Tanda-tanda kendaraan yang sudah mengalami kebanjiran bisa dilihat dari chasisnya yang berkarat, atau dari karpetnya, bisa juga mengecek ke bengkel resmi terkait historikal servis dan melakukan scanning,” ujar Fandi kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022)

Logikanya, karat bisa timbul di besi yang pernah terkena air, khususnya di chasis kendaraan. Dari logika itu karat bisa saja menjadi tanda bahwa mobil itu pernah mengalami banjir. Walau pun, bisa saja karat tersebut diakibatkan oleh hal lain, misalnya bekas dicuci.

Baca juga: Ingat, Asuransi Bisa Tolak Mobil Banjir yang Rusak Akibat Water Hammer

Begitu juga bekas karpet basah, bisa saja karena bekas air minum tumpah atau hal lain. Hanya saja siapa sih yang akan membasahi karpet dan chasis mobilnya tanpa sebab sampai menimbulkan karat?

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur,  Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.

Mobil yang pernah terkena banjir juga bisa diketahui lewat catatan servis di bengkel resmi. Jika mobil tersebut pernah mengeluhkan banjir atau melakukan servis penanganan banjir, maka catatan untuk mobil tersebut akan ditemukan. Ini jadi bukti yang paling kuat.

Sedangkan melakukan scanning ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua elemen kelistrikan bekerja normal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.