Ajang Off-Road Bergengsi Meratus Expedition 2022 Sukses Digelar

Kompas.com - 05/06/2022, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Meratus Expedition Kelima yang dimulai 23 Mei hingga 4 Juni 2022 dan mengambil lokasi di kawasan hutan Meratus, Kalimantan Selatan, akhirnya tuntas diselenggarakan.

Sepanjang 13 hari penyelenggaraan, beberapa rintangan yang dihadirkan begitu menguras tenaga dan pikiran para offroader yang ambil bagian. Pemilihan rute yang harus ditaklukan tersebut, memang menjadi akumulasian dari beberapa gelaran sebelumnya di mana handicap tersaji begitu ekstrem.

Setidaknya, ada empat kategori yang diberikan oleh penyelenggara kepada para offroader. Penghargaan tersebut antara lain Best Driver yang dinobatkan kepada Yusdar Umar, Best Navigator disabet Plumpung, Best Team dinobatkan kepada Tim Kura-Kura, serta Jungle Man yang dipersembahkan kepada Doddy dari Tim Macan.

"Selama 13 hari di hutan meratus, MEX 5 sangat spesial bagi saya. Pertama, yang biasa dampingi kita pak (alm) Syamsir Alam selalu berisik di dalam trek. Kalau pagi, beliau selalu teriak-teriak, briefing bangun! Tapi kali ini terasa beda, sepi di radio," ungkap Yusdar, setelah menaklukan 13 hari petualangan di hutan Meratus.

Baca juga: Mengenang Legenda Off-Road, Meratus Expedition Kembali Digelar 23 Mei 2022

Mengenai pembagian empat kategori tersebut didasarkan atas beberapa penilaian, seperti kelihaiannya merambah kawasan pegunungan, memberikan informasi terkait medan yang dilalui, kekompakan tim, serta offroader yang paling tangguh selama gelaran MEX 2022.

Dalam rangkaian penutupan MEX 2022 ini, tercatat sebanyak 29 mobil berhasil menuntaskan rintangan yang diberikan oleh penyelenggara dan ada sebanyak 12 base camo yang didirikan untuk menjadi pelepas penat para offroader.

"Kegiatan MEX harus tetap berlanjut, konsep-konsep dan menu event akan ada yang baru dan suasana yang baru walaupun almarhum Syamsir Alam takkan tergantikan," tutur Hariono, Ketua Penyelenggara sekaligus offroader yang ikut dalam event MEX 2022 ini. 

Pada hari penutupan, semua peserta kompak untuk melakukan tahlilan atas kepergian sahabat sekaligus sesepuh offroad di Tanah Air, almarhum Syamsir Alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.