Ini Alasan Kenapa Ban Harus Lurus Saat Mobil Diparkir

Kompas.com - 03/06/2022, 19:31 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Tak hanya memastikan keamanan sekitar, saat akan memarkirkan mobil, baiknya pengemudi juga diperhatikan posisinya, termasuk bagian ban.

Tak sedikit yang beranggapan bila salah posisi parkir, terutama bagian ban yang tak lurus, akan berpengaruh pada keawetan komponen, yakni power steering.

Lalu, benarkah anggapan bahwa ban depan yang tidak lurus bisa merusak power steering

Baca juga: Daihatsu Sirion Terbaru Pakai CVT, Ini Alasannya

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, posisi ban mobil lurus saat parkir fungsinya bukan mencegah kerusakan power steering, tapi lebih untuk memudahkan akses memindahkan kendaraan di lahan parkir yang terbatas.

Ilustrasi ban mobil.Dok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil.

"Parkir posisi ban lurus atau serong tidak ada pengaruhnya. Hanya posisi kemudi lurus saat parkir memudahkan dipindah atau didorong," kata Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Untuk itu, penendara mobil baiknya memposisikan parkir dengan ban yang benar-benar lurus agar ruang parkir bisa menampung lebih banyak kendaraan.

"Lahan parkir minim apalagi di kota besar, banyak mobil parkir paralel, sehingga sering menutupi mobil lainnya," ucapnya.

Bambang memastikan, bahwa tidak ada kaitan antara kemudi yang harus lurus dengan potensi kerusakan pada bagian power steering.

Terlebih, mobil keluaran baru atau yang tahun muda sudah mengadopsi teknologi electric power steering. Sehingga, posisi ban tidak akan berpengaruh terhadap keawetan komponen mobil tersebut.

Baca juga: Berikut Tempat Parkir Kendaraan untuk Penonton Formula E Jakarta

"Parkir posisi ban lurus atau miring tidak akan berpengaruh untuk mobil-mobil keluaran saat ini. Karena sistem kemudi mobil tersebut sudah menganut electric power steering (EPS),” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.