Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Desain Spion Semakin Mengecil pada Mobil Masa Kini?

Kompas.com - 25/05/2022, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain mobil masa kini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Salah satu bagian yang mengalami perubahan adalah bentuk spion.

Komponen yang satu ini sangat dibutuhkan untuk alasan keselamatan. Spion berguna untuk melihat kondisi atau lingkungan yang ada di belakang atau samping kendaraan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Atur Kaca Spion Mobil yang Benar

Meski demikian, spion memiliki ukuran atau luas kaca yang terbatas. Pada beberapa mobil zaman sekarang, ukuran spion bahkan semakin mengecil jika dibandingkan dengan mobil lawas.

Desain spion mobil zaman sekarang mengecilDok. TAM Desain spion mobil zaman sekarang mengecil

Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, perubahan tersebut karena adanya perkembangan teknologi, seperti kamera 360 derajat.

"Bentuk spion mengecil salah satunya karena sudah terbantu adanya kamera 360 derajat. Selain membantu dari segi aerodinamika, juga berpengaruh dengan eksplorasi desain," ujar Akbar, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Deteksi Penyebab Spion Elektrik Bisa Rusak

Akbar menambahkan, semakin ke sini, mobil semakin terlihat streamline bukan untuk mengejar fungsi aerodinamika. Tapi, lebih ke sentuhan desain biar semakin estetis.

Desain spion mobil zaman sekarang mengecilDok. HPM Desain spion mobil zaman sekarang mengecil

"Sebagai perbandingan, coba lihat mobil Formula 1 (F1) dan Le Mans. Keduanya memiliki fungsi aerodinamika yang sangat sempurna. Namun, kita bisa lihat wujudnya seperti apa," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com