Mengapa Desain Spion Semakin Mengecil pada Mobil Masa Kini?

Kompas.com - 25/05/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain mobil masa kini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Salah satu bagian yang mengalami perubahan adalah bentuk spion.

Komponen yang satu ini sangat dibutuhkan untuk alasan keselamatan. Spion berguna untuk melihat kondisi atau lingkungan yang ada di belakang atau samping kendaraan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Atur Kaca Spion Mobil yang Benar

Meski demikian, spion memiliki ukuran atau luas kaca yang terbatas. Pada beberapa mobil zaman sekarang, ukuran spion bahkan semakin mengecil jika dibandingkan dengan mobil lawas.

Desain spion mobil zaman sekarang mengecilDok. TAM Desain spion mobil zaman sekarang mengecil

Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, perubahan tersebut karena adanya perkembangan teknologi, seperti kamera 360 derajat.

"Bentuk spion mengecil salah satunya karena sudah terbantu adanya kamera 360 derajat. Selain membantu dari segi aerodinamika, juga berpengaruh dengan eksplorasi desain," ujar Akbar, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Deteksi Penyebab Spion Elektrik Bisa Rusak

Akbar menambahkan, semakin ke sini, mobil semakin terlihat streamline bukan untuk mengejar fungsi aerodinamika. Tapi, lebih ke sentuhan desain biar semakin estetis.

Desain spion mobil zaman sekarang mengecilDok. HPM Desain spion mobil zaman sekarang mengecil

"Sebagai perbandingan, coba lihat mobil Formula 1 (F1) dan Le Mans. Keduanya memiliki fungsi aerodinamika yang sangat sempurna. Namun, kita bisa lihat wujudnya seperti apa," kata Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.