Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Bahaya atau Tidak?

Kompas.com - 21/05/2022, 12:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Berkendara menggunakan mobil tidak selamanya mulus, ada saja kendala yang mendera pemilik kendaraan.

Salah satu permasalahan yang kerap dialami pengguna mobil ialah komponen rem yang bergetar saat pedal diinjak.

Dengan kata lain, saat melakukan pengereman akan timbul getaran. Hal ini tentunya akan membuat pengemudi mobil tidak nyaman saat berkendara.

Baca juga: Kawasaki Rilis W175 Model 2023, Pilihan Warna Baru

 

Bahkan, dapat menimbulkan kecemasan jika komponen paling penting dalam keselamatan berkendara itu bermasalah. Oleh sebab itu, rem harus selalu dijaga oleh para pemilik mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan rem yang bergetar saat diinjak dapat disebabkan oleh piringan cakram yang tidak rata.

“Getaran ini terjadi karena piringan dan kampas rem yang sudah tidak rata, maka ketika dipaksa melakukan pengereman pasti akan terjadi getaran keras di pedal rem,” kata Suparna kepada Kompas.com .

Pedal rem dan pedal gas Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy

Saat rem mobil diinjak, kedua kampas rem akan menjepit piringan. Bila piringan masih halus maka rem akan baik-baik saja dan terasa halus pula.

Tetapi ketika permukaan piringan sudah tidak rata, apalagi terdapat goresan maka efeknya akan menimbulkan getaran saat menginjak pedal rem.


Suparna juga mengatakan jika alami kondisi tersebut sebaiknya segera dilakukan pembubutan pada saat pemilik mobil melakukan servis berkala. Perawatan ini tidak harus dilakukan setiap 10.000 km, bisa dilakukan pada 20.000 km atau 40.000 km.

Baca juga: Kemenperin Apresiasi Keberhasilan Riset Kendaraan Listrik Fase 2

“Pembubutan yang cepat dan bagus adalah proses on wheel, jadi kendaraan tidak kita lepas piringan remnya, tetap menempel pada roda mobil. Teknik melakukan pembubutan langsung pada kendaraan ini dengan menggunakan alat yang dinamakan rematching rem,” kata Suparna.

Penggantian kampas rem juga harus diperhatikan, namun jika kampas rem masih tebal cukup diratakan kemudian dipasang kembali.

Agar tidak alami kondisi rem bergetar berdampak buruk, pemilik mobil sebaiknya segera mengatasi permasalah yang terjadi di sektor pengereman. Sistem rem merupakan perangkat vital pada kendaraan, maka jangan menyepelekan sekecil apapun masalah pada rem mobil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.