Daihatsu Rasakan Angin Segar dari Ramainya Pemudik Jalur Darat

Kompas.com - 20/05/2022, 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ikut merasakan membeludaknya arus mudik Lebaran 2022 yang didominasi mobil pribadi sesuai dengan data dari pemerintah.

Kondisi tersebut ditunjukkan dari tingginya jumlah kunjungan pengguna Daihatsu yang datang ke Bengkel Siaga, baik untuk melakukan perbaikan atau servis berkala.

"Bengkel Siaga Daihatsu yang tersebar di 65 area di seluruh Indonesia mengalami kenaikan 1,5 kali lipat dari musim mudik 2019," ucap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, saat konferensi pers di Sunter, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Amelia Tjandra Pensiun, Astra Daihatsu Motor Ganti Nahkoda

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, selama mudik Lebaran 2022, pengguna Daihatsu yang mengunjungi Bengkel Siaga mencapai lebih dari 12.000. Jumlah tersebut naik 166 persen dari data 2019 yang hanya sekitar 7.000-an.

Bengkel Siaga Daihatsu tetap beroperasi selama libur nataruDok. ADM Bengkel Siaga Daihatsu tetap beroperasi selama libur nataru

Bambang mengatakan, paling banyak konsumen melakukan perawatan atau servis ringan, yakni 52 persen. Selanjutnya 47 persen servis berkala, dan sisanya, perbaikan bodi kendaraan.

Sementara dari enam pos siaga yang disediakan, jumlah kunjungannya mencapai 215 kendaraan Daihatsu, yang 63 persen didominasi pemudik melakukan servis ringan, seperti pengecekan rem, ganti oli dan sebagainya.

Untuk sisanya, sekitar 32 persen konsumen melakukan general repair dan servis berkala, seperti air conditioner (AC), transmisi, serta kemudi.

Baca juga: Kemenhub Soroti Pertumbuhan Mobil yang Tak Sebanding Kapasitas Jalan

Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

"Paling banyak kunjungannya memang di area kepadatan jalur mudik, Cikampek itu 85 persen, Cipali 83 persen, dan Salatiga," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.