Tak Hanya Harga, Ini Alasan Penumpang Menentukan Pilihan Bus AKAP

Kompas.com - 19/05/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang masih menggunakan moda transportasi bus AKAP biasanya lebih karena beberapa faktor, seperti kenyamanan, fasilitas, dan harga yang dianggap lebih ekonomis.

Untuk mempertahankan pelanggan, banyak Perusahaan Otobus (PO) yang melakukan inovasi baik dari sisi produk dan jasa yang ditawarkan.

Tentu kondisi tersebut berdampak baik pada persaingan pasar, karena inovasi pada bus akan makin berkembang.

Baca juga: DAMRI Sediakan Bus Perintis di Aceh, Tarif Mulai Rp 1.000

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penilaian utama calon penumpang bus AKAP untuk menentukan pilihannya?

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta menyampaikan, ada beberapa poin yang menentukan pilihan calon pelanggan.

Uniknya, menurut Eka, spesifikasi unit bus bukanlah hal yang dilihat, melainkan kualitas SDM dari karyawan PO yang bersangkutan.

“Banyak ya, tapi yang utama adalah servis, jadi pelayanan yang diberikan oleh karyawan PO kepada kami. Kalau ramah tentu kami juga akan nyaman dan akan menggunakannya kembali nanti,” kata Eka kepada Kompas.com  di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Selain Positif Narkoba, Sopir Bus Maut di Tol Sumo Tidak Punya SIM

Eka menambahkan, hal kecil seperti membawakan barang bawaan, dan memberikan senyum kepada penumpang akan menambah kesan yang baik kepada PO bersangkutan.

“Baru setelah itu, spesifikasi bus, seperti merek pabrikan bus, jumlah bangku, lalu ketersediaan foot rest atau leg rest akan jadi pertimbangan calon penumpang,” tambahnya

Bus AKAP baru PO Sinar JayaDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

Lalu, poin selanjutnya soal fasilitas yang diberikan. Ini kemudian yang menjadi wilayah inovasi paling sering dilakukan oleh PO.

Bahkan banyak yang kemudian membuat inovasi seunik mungkin agar menjadi identitas atau ciri khas.

Ada yang memberikan doorprize di tengah perjalanan,  ada juga yang memberikan layanan istirahat perjalanan di kafe, atau menawarkan banyak pilihan makanan.

“Fasilitas ini bisa banyak hal ya, contohnya tempat istirahat. Salah satu PO semisal memberikan pilihan makanan beragam yang bebas penumpang pilih di tengah perjalanan. Ini akan memberikan experience berbeda,” ucap Eka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.