Saat Bikin Campervan, Jangan Abaikan Aspek Keamanan dan Keselamatan

Kompas.com - 19/05/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motorhome atau campervan merupakan salah satu modifikasi yang sedang ramai dilakukan. Jadi bagian kabin diubah senyaman mungkin agar mobil bisa dibawa ke mana saja tanpa takut tidak mendapatkan hotel.

Ubahan yang dilakukan pada kabin biasanya cukup besar, jadi sudah tidak ada komponen standar. Lalu bagaimana soal keamanan dan keselamatannya?

Pemilik dari Baze Luxury Design, karoseri pembuat campervan di Bogor, Bari Setiadi mengatakan, kalau dari karoseri tidak menyarankan untuk membuka kasurnya saat campervan berjalan.

Baca juga: Bismo, Motorhome Basis Hiace Terbaru dari Baze

Ragam keunikan motorhome di booth Overland Experience pameran IIMS 2022, Rabu (6/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Ragam keunikan motorhome di booth Overland Experience pameran IIMS 2022, Rabu (6/4/2022)

“Kasur hanya boleh digunakan pada saat camping, mobil tidak jalan. Selama perjalanan, kursi tersebut harus menghadap depan,” ucap Bari kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, untuk urusan keamanan, disematkan juga safety belt untuk kursi yang menghadap ke depan. Bari Setiadi juga pernah mengatakan, ada tiga mode campervan yang harus dipertimbangkan, yaitu driving mode, leisure mode, dan sleeping mode.

“Driving mode, penumpang harus menghadap ke depan dan paling penting, semua kursi yang diduduki harus dilengkapi safety belt dan beberapa kompartemen dilengkapi dengan kunci,” kata Bari.

Baca juga: Motor MotoGP Makin Kencang, Balapan Malah Membosankan


Selanjutnya yaitu leisure mode, digunakan apabila sudah sampai di tempat yang dituju dan mulai aktivitas tapi belum beristirahat atau tidur. Pada mode ini biasanya perlu susunan tempat duduk yang saling berhadapan.

“Terakhir yaitu sleeping mode, tentunya ada kursi yang sudah dibuat ranjang, tentunya harus dibuat nyaman sesuai kapasitas yang kita desain. Jangan lupa juga harus ada privasi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.