Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Mobil Mati di Pelintasan Kereta, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 13/05/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa mobil yang mendadak mogok atau mati saat akan melewati pelintasan kereta api kerap terjadi. Tidak jarang, kejadian ini memakan korban jiwa.

Seperti yang kembali terjadi baru-baru ini di Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih pada Rabu (12/5/2022) sore. Satu unit truk pikap hancur dan terbakar usai ditabrak kereta api pengangkut batu bara rangkaian panjang (Babaranjang).

Dijelaskan, kecelakaan terjadi akibat mesin mobil diduga mendadak mati saat tengah melintasi rel kereta. Tidak lama kemudian, kereta api Babaranjang tersebut datang.

Baca juga: Apakah Benar Mesin Mobil Bisa Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?

"Kejadiannya sekitar pukul 18.55 WIB, KA yang mengangkut batubara dari Muara Lawai arah Lahat menuju Simpang (arah Palembang) tertemper mobil minibus di petak jalan Prabumulih-Cambai," ucap Humas PT KAI Divre III Aida Suryanti seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (12/5/2022).

Beruntung, pengemudi truk pikap selamat dari kecelakaan maut ini. Diketahui, sopir pikap segera menyelamatkan diri dengan cara melompat dari keluar kendaraan saat mengetahui ada kereta yang datang.

Saat terjebak dalam keadaan serupa, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan segera keluar dari kendaraan yang berhenti di perlintasan kereta api.

Agus Suyitno (61), saat menjaga perlintasan sebidang rel kereta api di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Kamis (9/12/2021).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Agus Suyitno (61), saat menjaga perlintasan sebidang rel kereta api di Desa Sambigede, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Ini Sederet Keunggulan yang Bikin New Pajero Sport Laku Keras di Tanah Air

"Segera semua penumpang tinggalkan kabin mobil saat ada tanda kereta sudah akan mendekat," ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Waktu untuk menyelamatkan diri tidaklah banyak, maka sebaiknya segera keluar dan tidak memaksakan diri untuk menyalakan mesin mobil.

Jika sudah berhasil menyelamatkan diri dan kereta masih jauh, barulah pengemudi bolehmenggunakan waktu tersebut untuk mendorong kendaraan ke tempat yang lebih aman.

"Kalau tidak ada aba-aba kereta akan melintas, maka kendaraan bisa coba didorong," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com