Tips Naik Motor Saat Panas Terik, Jangan Lupa Bawa Air Minum

Kompas.com - 12/05/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini cuaca panas memang sedang melanda Indonesia. Terbayang jika harus naik motor siang-siang, pasti sangat melelahkan dan gerah.

Jika memang terpaksa berkendara di bawah cuaca yang panas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pakaian yang digunakan, cara berkendara, sampai bekal yang harus dibawa.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, agar tetap nyaman berkendara, pastikan untuk gunakan riding gear yang nyaman, terutama jaket.

Baca juga: Adu Kencang Motor MotoGP dan MotoE Milik Ducati

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

"Usahakan agar menggunakan jaket yang dapat melindungi tubuh dari cuaca panas, misalnya yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik ke bagian tubuh serta dapat menyerap keringat," ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Selanjutnya adalah pilih juga sarung tangan dengan bahan yang serupa dengan jaket. Sehingga fungsi melindungi tangan tetap ada namun ada rongga agar angin bisa masuk.

Selain itu, perhatikan juga bahan baju dan celana yang digunakan. Soal warna tidak masalah, selama baha yang digunakan nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio? Indennya sampai 2 Bulan

"Kemudian, pengendara bisa membawa air minum saat berkendara, jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi sehingga dapat mengurangi konsentrasi dan kelelahan saat berkendara," kata Agus.

Untuk cara berkendaranya, pastikan untuk istirahat. Jika perjalanan jauh, usahakan ambil waktu untuk istirahat setiap dua jam berkendara.

"Yang bisa mengukur lelah atau tidak itu adalah si pengendaranya sendiri. Ketika sudah merasa lelah dan tidak fokus sebaiknya menepi dan beristirahat," ucapnya.

Agus menyarankan untuk tidak memaksakan kondisi tubuh yg mulai lelah saat berkendara karena bisa berakibat fatal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.