Waspada Fatamorgana Saat Melintasi Aspal di Musim Panas

Kompas.com - 12/05/2022, 11:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Meski sudah akrab dengan para pengendara, saat melintas di jalan berlapiskan aspal juga harus memperhatikan beberapa hal agar lebih aman.

Jalan aspal memiliki keunggulan mempunyai yang mana marka jalan dapat terlihat jelas dibandingkan jalan beton. Meskipun demikian, keunggulan dari jalan aspal tidak berlaku dalam kondisi cuaca tertentu.

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio? Indennya Sampai 2 Bulan

Saat cuaca panas, kondisi aspal menjadi panas sehingga memunculkan fatamorgana atau uap yang mengganggu pandangan pengemudi. Oleh karena itu, mengemudikan mobil di jalan aspal saat cuaca panas haruslah waspada.

“Kalau jalan aspal halus sekali ada permukaan aspal sampai mulus. Saat cuaca terik sekali kelihatan seperti tergenang air atau biasa dibilang fatamorgana,” ujar On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal kepada Kompas.com.

Produksi aspal Hakaaston di Tol Cisumdawu.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Produksi aspal Hakaaston di Tol Cisumdawu.

Cuaca  panas dapat membuat kondisi aspal juga terlalu panas. Jalan aspal yang terlalu panas  mampu mengurangi traksi pada ban.

“Kalau terlalu panas untuk itu kalau jalan jauh di bawah terik matahari sebaiknya diusahakan istirahat yang cukup. Istirahat buat ban dan kendaraan juga buat pengemudinya,” kata Zulpata.

Baca juga: Sedang Pamer Mesin, Motor Pemuda Ini Malah Terbakar

Dengan melakukan istirahat yang cukup maka kondisi ban juga akan kembali lebih dingin. Sehingga, traksi saat melintas di jalan beraspal juga akan lebih baik dibandingkan saat ban sudah terlalu panas.

Sesi istirahat ini akan memulihkan kondisi sopir, ban dan juga mesin mobil. Selain itu, saat melintas di jalan beraspal pengemudi harus membatasi kecepatan kendaraannya.

Jangan sampai, karena kenyamanan saat melintas di jalan beraspal halus membuat pengemudi lengah dan mengabaikan batas kecepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.