Trik Cuci Mobil Sendiri Saat Jasa Car Wash Masih Tutup Usai Liburan

Kompas.com - 09/05/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sekadar mengecek kembali kondisinya, usai digunakan perjalanan mudik Lebaran, waktunya untuk sedikit memanjakan mobil dengan mencuci.

Hal ini patut dilakukan sebagi bagian dari perawatan mobil, khususnya area bodi, yang mana selama perjalanan banyak terkena ragam debu.

Namun demikian, biasanya usai libur lebaran tempat jas cuci mobil belum banyak yang buka, alhasil pemilik hanrus melakukan mandiri di rumah.

Mencuci mobil sendiri memiliki banyak keuntungan, selain ekonomis, pemilik juga bisa memastikan sendiri kondisi kebersihan mobil yang dicuci.

Baca juga: Usai Mudik, Ini 4 Cairan Penting pada Mobil yang Wajib Dicek

Namun, mencuci mobil di rumah tak bisa dilakukan sembarangan. Misal, penggunaan sabun yang salah, serta lap dan air yang kotor, bisa merusak lapisan cat pada mobil.

cuci mobil (kompas.com/janlika)janlika cuci mobil (kompas.com/janlika)

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, hal yang bisa menjadi perhatian saat mau mencuci mobil sendiri di rumah adalah waktunya, jangan saat siang hari.

“Pemilihan waktu cuci bisa pagi atau sore hari karena matahari belum terik, selain itu dilakukan di tempat yang teduh,” ucap Yuly kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, pilih sabun dengan kadar detergen yang rendah dan tak mengandung kimia, seperti sabun colek atau untuk cuci piring. Jika memakai sabun colek atau cuci piring terlalu sering, lapisan cat bisa rusak.

“Lalu, siapkan alat pendukung seperti dua ember, dua spons, sikat nilon, sikat gigi, kanebo, atau plas chamois dan lap microfiber,” kata Yuly.

Baca juga: Pulang Mudik Lebaran, Ini Komponen Mobil yang Wajib Dicek


Isi kedua ember dengan air dan sabun. Wadah pertama untuk bagian bodi dan satu lagi untuk roda dan bagian kolong.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.