Kompas.com - 08/05/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa pihaknya sangat memungkinkan untuk memperpanjang waktu penerapan skema satu jalur atau one way di berbagai ruas tol pada puncak arus balik Lebaran 2022, Minggu (8/5/2022).

Namun, hal terkait sangat kondisional tergantung kondisi yang terjadi di lapangan. Untuk itu, kepolisian bersama stakeholder terus melaksanakan evaluasi sekaligus penyesuaian terkait arus lalu lintas.

"Pada malam H+4 lebaran terdapat peningkatan volume kendaraan dari timur pulau Jawa menuju Jakarta. Diperkirakan angka itu naik sebanyak 160.000 kendaraan," katanya, Sabtu (7/5/2022) malam.

Baca juga: Arus Balik, 107.000 Kendaraan Sudah Masuk ke Tol Trans Jawa

Volume kendaraan yang melintas di kawasan Nagreg dan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat diklaim polisi telah mengalami penuruan yang signifikanKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Volume kendaraan yang melintas di kawasan Nagreg dan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat diklaim polisi telah mengalami penuruan yang signifikan

"Bisa dilihat bila ada kecenderungan terjadi peningkatan, terakhir mulai 70.000 kendaraan, naik menjadi 120.000 kendaraaan, masuk ke 158.000 kendaraan. Dan diperkirakan akan meningkat ke angka 160.000," lanjut Listyo.

Angka-angka tersebut, kata dia lagi, akan menjadi perhatian kepolisian guna menjamin arus lalu lintas tetap lancar, aman, serta nyaman bagi semua pengguna jalan.

Apalagi, di gerbang tol Kalikangkung sejak pukul 15.00 WIB kemarin terus mengalami peningkatan hingga berada di atas 5.000 kendaraan.

Dari perhitungan itu, lanjut Sigit, dimungkinkan akan ada perpanjangan waktu skema one way. Hal ini terbilang dinamis tergantung kondisi yang terjadi di lapangan.

Baca juga: Perbedaan Utama Sirkuit Formula E Ancol dengan Negara Lain

“Kemudian kalau kita lihat khususnya apakah one way sampai di Km 28 atau sampai di Halim, tentunya ini akan kita lihat dan Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan," katanya.

Untuk saat ini di Kilometer 28 masih kita berlakukan contra flow dua lajur. Prediksi kita kemarin untuk sampai dengan saat ini cukup sampai di Km 28,” lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.