Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way Arus Balik Resmi Dimulai sejak Pukul 14.00 WIB

Kompas.com - 06/05/2022, 16:07 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian resmi menerapkan sistem one way dan contraflow arus balik dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek), sejak pukul 14.00 WIB.

Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, one way dilakukan setelah memastikan jalur sebaliknya steril.

"Sehingga tak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah Timur Jalan Tol Trans-Jawa dari Cikampek sampai Semarang," kata Heru dalam keterangan resminya, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Ramai Disebut Saat Arus Mudik Lebaran, Apa Itu Contraflow?


Untuk skemanya sendiri sebagai berikut ;

- One way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang -m 47 Jalan Tol Japek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

- Contraflow dua lajur dari Km 47-Km 28+500 Jalan Tol Japek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

Lebih lanjut dijelaskan, bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif dengan keluar di GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek, dan dilanjutkan ke Jalan Raya Klari-Kosambi-Cikampek-Simpang Jomin-Pantura.

One Way Akan Diberlakukan, Simak Alternatif Rute Perjalanan dari Jakarta Menuju Bandung dan SemarangPt Jasa Marga One Way Akan Diberlakukan, Simak Alternatif Rute Perjalanan dari Jakarta Menuju Bandung dan Semarang

Baca juga: Kebiasaan Buruk Menyerobot Kendaraan Lain Saat Macet

Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung, masih dapat menggunakan Jalan Tol Japek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun perjalanan harus disambung via jalur alternatif dengan keluar di GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek, dan dilanjutkan ke jalan non-tol hingga Purwakarta lalu masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju Bandung.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," ujar Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com