Mitos atau Fakta, Powerbank Picu Kebakaran Mobil?

Kompas.com - 05/05/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Powerbank menjadi salah satu alat penunjang kebutuhan gaya hidup yang wajib dibawa saat bepergian, terutama saat silaturami dalam suasana Lebaran.

Meskipun pada beberapa jenis mobil memiliki songket yang mampu mengisi daya mobil, masih banyak pengendara mobil yang tetap membawa power bank untuk mengisi daya ponsel.

Pada beberapa kasus mobil yang terbakar, dipercaya bahwa penyebabnya adalah karena powerbank. Lalu, benarkah powerbank berbahaya jika ditinggalkan di dalam mobil?

Baca juga: Ini Penyebab Kabin Mobil Beraroma Tidak Sedap

“Tidak hanya powerbank, batu baterai yang ukuran kecil saja sebenarnya tidak boleh terekspos terhadap panas berlebih,” kata Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com.

Anjar menjelaskan, pada dasarnya semua perangkat elektronik yang memiliki baterai lithium memiliki potensi untuk meledak. Namun, penyebab utama kebakaran pada mobil justru disebabkan oleh kecerobohan pengguna mobil itu yang membuat powerbank meledak.

Satu unit mobil merek Peugeot dengan nomor polisi B 1932 PGZ terbakar akibat mengalami korsleting listrik dari mesin mobil pada Kamis (31/3/2022) sekitar pukul 07.20 WIB.Dok. TMC Polda Metro Jaya Satu unit mobil merek Peugeot dengan nomor polisi B 1932 PGZ terbakar akibat mengalami korsleting listrik dari mesin mobil pada Kamis (31/3/2022) sekitar pukul 07.20 WIB.

Jadi sebenarnya membawa powerbank di mobil diperbolehkan selama penempatan dan penggunaannya benar. Jangan menaruh powerbank di atas jok mobil atau dashboard. Kebiasaan tersebut akan membuat powerbank berpotensi meledak karena rentan terpapar panas.

Apabila powerbank diletakkan di kabin mobil untuk waktu yang lama, meskipun dalam keadaan tidak tercolok dengan ponsel, akan berbahaya jika parkir di tempat dengan terik matahari yang menyengat.

Baca juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bogor karena Kelelahan, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Kondisi ini akan membuat suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas. Alhasil, memicu powerbank meledak.

“Ledakan powerbank sebenarnya hanya menghasilkan percikan api yang tidak terlalu besar. Namun, karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil” kata Anjar.

Agar powerbank tidak meledak, hendaknya gunakan powerbank dengan kualitas yang baik atau yang imitasi karena akan mudah meledak atau memicu percikan api.

Selain itu, sebaiknya pemilik mobil lebih teliti memastikan tidak ada barang yang tertinggal ketika akan memarkir mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.