Kompas.com - 05/05/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut arus balik Lebaran 2022, kepolisian kembali akan menerapkan beberapa rekayasa lalu lintas di jalan tol layaknya saat arus mudik.

Dari skema satu arah atau one way, ganjil genap, contraflow, sampai pembatasan untuk kendaraan barang sumbu tiga ke atas.

Namun selain itu, ada rekayasa lalu lintas lain yang juga akan dilakukan kepolisian saat terjadi kepadatan volume kendaraan, yakni menutup semua akses masuk ke arah Barat.

Baca juga: Begini Teknik Menginjak Pedal Gas Saat Kondisi Jalan Macet di Tanjakan


"Guna mengantisipasi kepadatan arus balik lebih lanjut atau stagnasi macet, kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah Barat," ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, disitat dari laman resmi Korlantas Polri, Rabu (4/5/2022).

"Kemudian mengeluarkan kendaraan di Tol Cipali ke arteri Pantura dan penambahan full penuh one way, ganjil genap hingga Km 3+500 (Halim) Jakarta bahkan diteruskan keluar di Semanggi atau dikeluarkan di lima alternatif yang telah disiapkan Ditlantas Metro," tambah Aan.

Selain itu, Aan juga mewanti-wanti agar arus balik Lebaran tak ada lagi temuan kejadian seperti arus mudik di Dawuan yang mana sampai terjadi kepadatan lalu lintas.

Baca juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bogor karena Kelelahan, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Aan meminta saat arus balik, semua dialirkan, dialihkan, tidak ada yang membuka sebelum dinyatakan normalisasi dilakukan atau one way ditutup.

Tarif tol Cipali terbaru untuk kendaraan golongan I hingga VKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Tarif tol Cipali terbaru untuk kendaraan golongan I hingga V

"Sehingga masyarakat tidak menunggu lama di depan gate tol hingga berakibat antrean," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.