Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way di Puncak Bogor Berlaku Mulai Pukul 6 Pagi

Kompas.com - 05/05/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi kepadatan arus kendaraan wisatawan, rekayasa lalu lintas satu arah atau one way (buka tutup) di Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan dilakukan pada Kamis (5/5/2022) pagi, tepatnya pukul 06.00 WIB.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, aturan sistem satu arah ini berlaku bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Sedangkan dari arah sebaliknya atau dari arah Puncak ke Jakarta ditutup sementara.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Polres Metro Bekasi Siapkan Pos Pengamanan

“Melihat situasi dan kondisi hari ini rencananya besok kami akan berlakukan one way arah atas (Puncak) dari jam 6 pagi,” ucap Iman, dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Adapun untuk kebijakan one way ke bawah atau dari arah Puncak ke Jakarta akan diberlakukan secara situasional, melihat kondisi di lapangan.

Situasi penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan akibat adanya pertemuan arus balik kendaraan pemudik dan wisatawan.

Menurut Iman, sistem ganjil genap tidak dilakukan saat ada penerapan one way karena bisa berpotensi macet akibat pemutarbalikan kendaraan yang tidak sesuai.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik di Pantura, Polres Lamongan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Imam melanjutkan, untuk mengurangi pertemuan arus kendaraan itu, pihaknya menyarankan pemudik yang balik agar melalui jalur alternatif yang berada di Bogor Timur melalui jalan Cibubur, Jonggol, Cariu, Cileungsi, dan melalui Sukabumi.

“Kami terus berkoordinasi dengan Polresta Kota Bogor, Polres Cianjur, untuk mengantisipasi efek dari penggunaan one way tersebut. Kami juga sudah menyiapkan jalur alternatif yang ada di sekitar puncak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com