Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper | Catat, Ini Jadwal Pemberlakuan "One Way" dan Ganjil Genap Selama Arus Balik

Kompas.com - 05/05/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim mudik kali ini, ada saja kejadian buruk yang masih terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah kasus penumpang bus yang dioper-oper sebelum sampai ke tempat tujuannya.

Video keresahan penumpang ini diunggah akun Andrikpratama656 ke Tiktok. Dia mengatakan sedang naik bus dari Jakarta menuju Ponorogo namun dioper jadi menggunakan bus ke arah Sragen.

"Nih busnya, Harta Sanjaya, tujuan Ponorogo 450 (Rp 450.000 harga tiketnya) dioper," ucapnya dalam video tersebut dikutip Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bogor karena Kelelahan, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Kemudian, Kementerian Perhubungan beserta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan operator jalan tol akan kembali memberlakukan aturan satu arah alias one way dan ganjil genap pada arus balik Lebaran 2022.

Hal tersebut dilakukan supaya aktivitas mudik berjalan aman dan nyaman serta tidak banyak kepadatan kendaraan bermotor. Pembatasan tersebut berlangsung pada Jumat (6/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022).

Pemberlakuan ganjil genap dan one way akan diterapkan pada sejumlah ruas jalan tol di Pulau Jawa (Tol Trans-Jawa).

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 4 Mei 2022.

1. Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper

Tampak area tunggu keberangkatan penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Tampak area tunggu keberangkatan penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022).

Selain itu, dia juga menanyakan ke penumpang lainnya. Dengan tujuan ke Blitar, dia membayar Rp 650.000 untuk satu tiket bus eksekutif, tapi malah dioper ke kelas ekonomi.

Mengenai kasus bus seperti ini, memang kerap terjadi pada saat musim mudik. Penumpang pun membeli bisa saja karena kepepet atau kehabisan tiket bus yang resmi, jadi sembarang saja pilih armada.

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam mengatakan, kejadian seperti ini adalah hal yang ditakuti para operator bus, penumpang yang salah naik bus yang tidak terpercaya.

Baca juga: Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper

2. Catat, Ini Jadwal Pemberlakuan "One Way" dan Ganjil Genap Selama Arus Balik Lebaran 2022

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Berdasarkan data Divisi Humas Polri @divisihumaspolri, berikut jadwal dan lokasi rencana pemberlakuan rekayasa saat arus balik Lebaran di sejumlah ruas jalan tol:

- Jumat, 6 Mei 2022 pukul 14.00-24.00 WIB dimulai dari GT Kalikangkung Km 414-Tol Cikampek Km 47 diteruskan CB Contraflow sampai Km 28+500

- Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 07.00-24.00 WIB dimulai dari GT Kalikangkung Km 414-GT Halim Km 3+500

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Pemberlakuan One Way dan Ganjil Genap Selama Arus Balik Lebaran 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com