Kompas.com - 04/05/2022, 14:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Kabin mobil yang bau atau beraroma tidak sedap kerap menjadi permasalahan mendera kendaraan. Bau tidak sedap di kabin mobil akan mengganggu indera penciuman pengendara, alhasil berkendara menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi bau pada kabin mobil, pemilik mobil perlu mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab bau pada kabin mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, Nurrahman Adi Saputra mengatakan jika ada beberapa faktor yang membuat kabin mobil jadi bau.

Baca juga: Hasil Balap Moto2 GP Spanyol, Ai Ogura Menang dan Mendominasi

“Yang umum karena bahan atau material interior dan juga bahan lainnya seperti parfum, sisa makanan atau minuman, zat-zat lainnya,” katanya pada Kompas.com belum lama ini.

Akan tetapi, aroma dari material interior telah menjadi aroma yang akrab dengan pengendara. Maka dari itu, faktor ini tidak terlalu mengganggu penciuman.

Biasanya, aroma akan muncul saat bahan interior kabin terkena paparan langsung dari sinar matahari. Faktor lainnya yaitu parfum mobil yang terkadang membuat aroma kabin mobil menjadi kurang nyaman.

Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobilUnsplash/Albert Vincent Wu Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil

Kemudian sisa makanan beraroma menyengat juga menjadi pemicu kabin mobil bau. Kondisi tumpahan air sehingga lembab pada kabin mobil dan udara dari luar juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap.

Aroma tidak sedap tersebut akan lebih parah jika masuk dan menempel ke sirkulasi sistem AC, bahkan menempel di bahan material interior kabin.

Baca juga: Hasil Balap Moto2 GP Spanyol, Ai Ogura Menang dan Mendominasi

Oleh karena itu, untuk mencegah bau pada kabin mobil, Adi menyarankan bagi pemilik mobil untuk selalu memastikan kondisi sirkulasi udara dari luar sudah diatur tertutup.

“Untuk bau-bau yang ringan mungkin dengan membuka semua jendela dan pintu serta menyeting udara keluar masuk, kemudian menyalakan AC dengan kondisi maksimal, itu yang biasa dilakukan orang-orang,” kata Adi.

Jika bau sangat mengganggu, maka perlu dilakukan beberapa hal seperti pembersihan AC, kemudian salon interior untuk melepas bau yang menempel di bahan atau material mobil, kemudian proses sterilisasi udara di kabin bisa menggunakan ozone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.