Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil Saat Parkir

Kompas.com - 02/05/2022, 08:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi akan terjadi lonjakan lalu lintas di berbagai titik tertentu, khususnya jalur wisata selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022.

Satu diantaranya, ialah kawasan Puncak Bogor yang kerap mejadi tempat wisata untuk liburan walau sudah jutaan masyarakat sudah meninggalkan Jabodetabek untuk mudik mulai H-10 kemarin.

Bagi Anda yang berniat melakukan perjalanan singat selama liburan, selain diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, juga jangan lupa untuk waspada pada tindak kriminal.

Baca juga: Lalu Lintas di Tol Trans Jawa Mulai Normal, Polisi Hentikan One Way

Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). Dalam puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga Cilegon Barat atau sekitar 10 km baik di jalur tol maupun jalur jalan arteri. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.Akbar Nugroho Gumay Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). Dalam puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga Cilegon Barat atau sekitar 10 km baik di jalur tol maupun jalur jalan arteri. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Terkhusus, ketika mobil sedang diparkir di ruang terbuka sebagaimana dikatakan oleh Jusri Pulubuhu, Training Director sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), belum lama ini.

"Terutama ketika akan parkir, jangan sembarang di pinggir jalan bila memang akan ditinggal cukup lama. Lebih baik cari parkiran yang aman atau memiliki pos keamanan," ucap Jusri kepada Kompas.com.

Kalau tak ada parkiran umum, usahakan mencari lokasi yang terbuka agar mudah terlihat dan ramai lalu-lalang masyarakat. Setidaknya hal tersebut bisa meminimalkan adanya aksi pembobolan.

Bila memang terpaksa, jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil, seperti ponsel, laptop, dan perhiasan. Barang-barang itu harus ikut dibawa keluar.

"Cari lokasi parkir yang aman dan ramai, meski kita harus jalan sedikit lebih jauh ke lokasi yang dituju, tapi lebih baik dibandingkan mengalami kerugian. Keamanan dan kenyamanan adalah pilihan, mau atau tidak, tinggal itu saja," ucap Jusri.

Baca juga: Polisi Sebut Masih Ada Gelombang Mudik dari Jakarta

Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022) petangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022) petang

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Apabila tidak bisa atau memungkinkan untuk dibawa, letakkan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," lanjut dia.

Tidak hanya itu, pastikan juga kondisi perangkat keamanan pada mobil seperti alarm. Meskipun tak menjadi jaminan, paling tidak bisa mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan.

"Kesimpulannya, di mana pun itu kita harus tetap waspada. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang tanpa disadari justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri," ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com