Kompas.com - 30/04/2022, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan waktu, faktor keselamatan menjadi hal yang penting untuk kendaraan. Tak heran jika pabrikan otomotif terus berlomba untuk menyajikan produk yang memiliki fitur keselamatan terdepan.

Tak terkecuali dengan Suzuki XL7, mobil yang menemani perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 melintasi ruas tol Jakarta-Probolinggo.

Suzuki XL7 telah dibekali dengan fitur Electronic Stability Program (ESP) yang merupakan teknologi komputerisasi untuk mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. Ini sekaligus meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat berkendara.

Baca juga: Fitur Kabin Suzuki XL7 Jadi Teman Perjalanan Merapah Trans-Jawa 2022

Saat perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 di Cirebon, Jawa Barat, tim redaksi sempat berkendara dalam kondisi hujan dengan jalan yang licin, serta melakukan manuver dalam kecepatan yang cukup tinggi. Hasilnya, Suzuki XL7 cukup stabil dan tidak timbul gejala oversteer dan understeer.

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Pasalnya, fitur ESP dapat mendeteksi mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan bisa mengurangi risiko fatal bagi pengemudi atau penumpang, terutama ketika kendaraan mengalami manuver tiba-tiba. Mengingat keselamatan saat ini sudah menjadi faktor yang tidak bisa ditawar lagi.

Baca juga: Sudah Tahu Fungsi Utama Papan Angka di Jalan Tol?

Sebagai informasi, Merapah Trans-Jawa kali kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.