Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas One Way, Sejumlah Bus Telat Berangkat dari Jakarta

Kompas.com - 30/04/2022, 14:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas one way yang diterapkan di Jalan Cikampek sampai ke Cipali pada hari Kamis (28/4/2022), bus-bus yang ingin menjemput penumpang di Jabodetabek jadi terlambat.

Hal ini terlihat di Terminal Kalideres, Jakarta Barat di mana adanya penumpukan penumpang pada Jumat (29/4/2022). Bahkan beberapa PO bus mengumumkan keterlambatan armada pada Jumat sampai Sabtu (30/4/2022).

Misalnya seperti PO Sinar Jaya yang mengumumkan keterlambatan armada lewat akun Instagram Koran Sinar. Tertulis, bagi penumpang yang sudah memesan tiket untuk tanggal 29 dan 30 April, jam keberangkatan akan mengalami keterlambatan dari Jabodetabek.

Baca juga: Ini Kode Kru Bus AKAP pada Penumpang Saat Ada Pencopet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KoranSinar (@koransinar)

 

"Sehubungan dengan keterlambatan tersebut, atas nama pengurus dan seluruh crew PO Sinar Jaya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna jasa kami," ucapnya dalam unggahan tersebut dikutip Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Begitu juga dengan bus DAMRI, ketika redaksi tanyakan, selama dua hari terakhir terjadi keterlambatan armada ke arah Jabodetabek. Lagi-lagi penyebabnya karena adanya aturan one way yang berlaku selama puncak arus mudik 2022.

PO Sumber Alam, sebenarnya sudah mengantisipasi hal ini akan terjadi. Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam sudah memberangkatkan hampir semua armadanya ke Jabodetabek per tanggal 20 April 2022.

Baca juga: Kesalahan Mengemudi Mobil Matik Saat Ketemu Jalan Menanjak

"Tanggal 20, armada kami sudah di barat semua. Kalau dari timur hanya seperlunya untuk menampung penumpang reguler," ucap Anthony.

Selain itu, Anthony juga bekerja sama dengan PO Pariwisara lain untuk menjadi armada bantuan selama puncak arus mudik. Oleh karena itu, penumpang jadi tidak menumpuk dan tidak kena imbas one way.

"Ini lebih karena sistem pemesanan kami yang sudah bisa melayani pembelian tiket 90 hari sebelum hari H. Jadi sudah terprediksi dan terantisipasi dengan baik. Kalau dadakan pasti bingung mengatur jadwal dan operasional kendaraannya," kata dia.

Strategi yang dilakukan PO Sumber Alam bisa menjadi inspirasi PO bus lainnya, yang paling dekat untuk arus balik nanti. Jadi tidak ada lagi keterlambatan keberangkatan karena adanya kebijakan one way.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com