Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmi Rilis GR Supra Bertransmisi Manual

Kompas.com - 30/04/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak petrolhead yang menginginkan Toyota GR Supra dengan transmisi manual. Akhirnya, Toyota resmi menjawab permintaan para loyalis.

Toyota GR Supra model 2023 kini sudah dilengkapi dengan pedal kopling. Bahkan, untuk membedakannya dengan versi matik, bisa dilihat dari logo 'Supra' berwarna merah pada bumper belakang.

Dikutip dari Motor1.com, Sabtu (30/4/2022), girboks manual yang disematkan pada GR Supra dirancang khusus untuk mesin 3.0 liternya. Selain penggunaan transmisi yang baru, bobot mobil ini juga berkurang hingga 38,3 kilogram.

Baca juga: Toyota Menjejalkan GRMN Supra Pakai Mesin BMW M, Tenaga Tembus 530 HP

Toyota melakukan diet pada GR Supra dengan menggunakan pelek 19 inci yang ringan, meniadakan pelapis kulit, power adjustment, dan lumbar support pada jok. Selain itu, bagian sound system turut disesuaikan.

Toyota GR Supra model 2023 menggunakan transmisi manualDok. Motor1.com Toyota GR Supra model 2023 menggunakan transmisi manual

Toyota menyebutkan bahwa intelligent Manual Transmission (iMT) yang disematkan pada Supra terbaru ini memiliki fitur software bespoke yang dapat memprioritaskan performa.

Jadi, torsi mesin akan lebih dioptimalkan ketika pengendaranya menekan dan melepas pedal kopling selama perpindahan gigi ke atas.

Sementara saat perpindahan gigi menurun, Toyota menjanjikan performa yang konsisten. Fitur pada iMT ini bisa dinonaktifkan dengan mengaktifkan mode Sport.

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra GT4 50 Edition, Hanya Enam Unit di Dunia

Transmisi manual ini hanya tersedia pada mesin 6-silinder. Sementara untuk mesin 4-silinder, hanya tersedia transmisi otomatis.

Toyota GR Supra model 2023 menggunakan transmisi manualDok. Motor1.com Toyota GR Supra model 2023 menggunakan transmisi manual

Varian A91-MT dilengkapi dengan jok berlapis kulit Cognac dan kenop shift yang dilapisi dengan material Alcantara. Tapi, model khusus ini dibuat terbatas hanya 500 unit, yang dicat dengan warna CU Later Grey atau Matte White.

Tapi, varian tersebut hanya tersedia di Amerika Serikat untuk model 2023. Sound system mobil ini mengandalkan JBL 12-speaker untuk memanjakan teling pengendara dan penumpang.

Selain ubahan pada girboks dan menghadirkan edisi khusus, Toyota juga mengganti suspensi dan kemudi GR Supra, serta mode Track. Kali ini, tujuannya agar mobil semakin mudah untuk melakukan drift. Sebab, sekarang sudah ada fungsi Hairpin+ yang memungkinkan perbedaan putaran roda lebih besar.

Sayangnya, belum diumumkan berapa harga yang akan dipatok untuk GR Supra model 2023 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com