Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Tinggi, Mudik Pakai Sepeda Motor adalah Opsi Terakhir

Kompas.com - 28/04/2022, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor tidak pernah direkomendasikan sebagai alat transportasi untuk jarak jauh. Namun, nyatanya kendaraan roda dua banyak dipakai untuk mudik Lebaran.

Adapun tahun ini pemerintah memprediksi bakal ada 17 juta pemudik yang pulang kampung menggunakan motor.

Melihat kondisi tersebut, untuk mencegah kecelakaan, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa cara untuk meminimalisasi risiko.

Baca juga: Polisi Antisipasi Kemacetan di Jalur Kalimalang Usai Buka Puasa

Sejumlah pemudik motor melawan arus menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah pemudik motor melawan arus menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

"Kalau kita rencana mudik bersama istri dan anak maka, mereka tidak naik motor. (Anak dan istri) naikkan moda transportasi yang lain," kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

"Kemudian barang-barang jangan sampai overload sehingga membuat keterbatasan ruang gerak. Duduknya jadi tidak ergonomis terbatas karena okupasi barang atau lainnya," kata Jusri.

Jusri mengatakan, jika ingin mudik pakai motor maka barang bawaan yang tidak berpengaruh saat berkendara sebaiknya dikirim saja ke lokasi yang dituju, jadi tidak perlu dibawa di motor.

"Ruang gerak setang terhalang karena di depan atau di tangkinya dia taruh barang. Itu kirim. Barang-barang yang tidak diperlukan di perjalanan tapi diperlukan di kampung halaman kirimkan," katanya.

Baca juga: Update, Contraflow di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

Sejumlah petugas Kepolisian memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah petugas Kepolisian memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Kemudian, kata Jusri, jika memang terpaksa mudik pakai motor maka cara mengakalinya ialah cari angkutan mudik gratis yang bisa mengirimkan motor ke lokasi tujuan.

"Kalau punya kesempatan motor bisa dikirimkan pakai truk dari angkutan gratis yang ada. Maka itu, sangat bijak sekali karena memperpendek jarak tempuh dan mengurangi kecelakaan," katanya.

"Sebab, misal harusnya (pemudik menempuh jarak) 800 km tapi dengan dikirimkan maka hanya mengendarai motor sejauh 20 km," ungkap Jusri.

"Tapi, lagi-lagi jika dengan alasan apa pun terpaksa seluruh rute perjalanan harus naik motor, maka perlu persiapkan kondisi motor dan fisik, stamina, dan kesehatan mental," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com