Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalu Lintas di Gilimanuk Jelang Lebaran 2022

Kompas.com - 25/04/2022, 15:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan dari Mudik Lebaran 2022 diprediksi juga terjadi pada Jalur Gilimanuk, Bali. Pihak Kepolisian Resor (Polres) Jembrana juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Gilimanuk.

Pelabuhan tersebut akan menjadi titik lokasi berkumpulnya para pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, ke Pelabuhan Ketapang, Jawa.

Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana, mengatakan, pihaknya bakal menggunakan jalan di kawasan permukiman warga di Kelurahan Gilimanuk sebagai manuver kendaraan kecil yang menuju ke pelabuhan.

Baca juga: Mau Mudik, Jangan Tunda Ganti Oli Mobil Bila Sudah Waktunya

Penggunaan akses menuju pelabuhan ini dimaksudkan untuk memecah konsentrasi. Diharapkan arus kendaraan tidak hanya menumpuk di satu jalur saja.

Pemudik dengan sepeda motor memadati lapangan parkir Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali (1/6/2019) Malam. PT ASDP memprediksi, puncak arus mudik dari Bali menuju Pulau Jawa melalui jalur penyeberangan pelabuhan Gilimanuk-Ketapang terjadi pada H-4  hingga H-2 Lebaran terutama saat sore dan malam hari.ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA Pemudik dengan sepeda motor memadati lapangan parkir Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali (1/6/2019) Malam. PT ASDP memprediksi, puncak arus mudik dari Bali menuju Pulau Jawa melalui jalur penyeberangan pelabuhan Gilimanuk-Ketapang terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran terutama saat sore dan malam hari.

"Rekayasa arus akan dilakukan di wilayah Gilimanuk dengan memanfaatkan jalur dalam sebelah Terminal Kargo untuk mengurai kepadatan," ujar Juliana, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Juliana, dengan memanfaatkan jalan di pemukiman warga, kendaraan yang antre menuju Pelabuhan Gilimanuk juga bisa dipisahkan berdasarkan jenisnya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Jangan Sepelekan Ritual Pengecekan Tekanan Udara

Polres Jembrana juga akan menyiapkan beberapa pos pemeriksaan di sepanjang Jalur Gilimanuk, agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Badung terkait keberangkatan para pemudik dari Terminal Mengwi, Kabupaten Badung.

"Agar penumpang yang berangkat dari sana dipastikan sudah divaksin dan dicek kelengkapan persyaratan perjalanannya," katanya. Sehingga, para penumpang tiba di Pelabuhan Gilimanuk sudah diperiksa di daerahnya masing-masing," kata Juliana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com