Kompas.com - 25/04/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik menggunakan mobil pribadi memang bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi saat ini syarat mudik cukup mudah, yakni sudah vaksin booster dan tidak perlu tes Antigen maupun PCR.

Ketika mudik menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum berangkat. Salah satunya adalah biaya tol dan uang untuk mengisi bahan bakar selama perjalanan.

Kendaraan yang bisa diandalkan untuk mudik misalnya LSUV seperti keluaran Suzuki, yakni XL7. Selain modelnya yang trendi, XL7 menawarkan kabin yang lega ditambah mesin yang relatif irit bahan bakar.

Baca juga: Selama IIMS 2022, Suzuki Kantongi Penjualan 72 Unit XL7 Alpha FF

Suzuki XL7KOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki XL7

Berikut ini redaksi buat estimasi biaya ketika mau melakukan mudik dari Jakarta ke Semarang menggunakan Suzuki XL7. Pertama adalah soal biaya tol dari Jakarta sampai Semarang.

Menuju Semarang, ada beberapa ruas tol yang harus dilewati beserta tarifnya. Misalnya Tol Jakarta - Cikampek (Rp 20.000), Tol Cikopo - Palimanan (Rp 119.000), Tol Palimanan - Kanci (Rp 12.500), Tol Kanci - Pejagan (Rp 29.500), Tol Pejagan - Pemalang (Rp 60.000), Tol Pemalang - Batang (Rp 45.000), Tol Batang - Semarang (Rp 86.000), Tol Semarang ABC (Rp 5.500).

Sehingga jika ditotal, biaya untuk tol saja sudah mengeluarkan uang sebesar Rp 377.500.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2022: Quartararo Juara, Drama Tabrakan Mir dan Miller

Kemudian untuk konsumsi bahan bakar, berdasarkan pengetesan luar kota yang Kompas.com lakukan, XL7 berhasil mencatat konsumsi BBM sebesar 15,2 km per liter dengan diisi BBM setara RON 90.

Jarak dari Jakarta ke Semarang adalah sekitar 441 km. Jadi bahan bakar yang dibutuhkan adalah sebanyak 29,1 liter.

Kalau mengisi dengan Pertalite (RON 90) dengan harga Rp 7.650 per liter, dibutuhkan uang sebanyak Rp 222.615 untuk bahan bakar. Sedangkan jika memakai Pertamax (RON 92) yang harganya Rp 12.500, maka biayanya jadi Rp 363.750.

Kemudian totalnya, ditambah dengan biaya tol, maka uang yang harus disiapkan adalah mulai Rp 600.115 sampai Rp 741.250. Tapi perlu diingat, konsumsi bahan bakar bisa berbeda, tergantung muatan sampai kondisi jalan yang macet atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.