Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Suzuki Ertiga Sebelum Mudik, Estimasi Biaya di Bawah Rp 1 Juta

Kompas.com - 24/04/2022, 11:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan mudik jelang Lebaran, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan dan servis mobil yang akan dipakai. Sehingga, perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Mudik atau pulang ke kampung halaman banyak dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Untuk itu, penting sekali menjaga performa mobil tetap prima.

Baca juga: Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Sebelum mudik, biasanya pengecekan dilakukan pada bagian seputar mesin, kelistrikan, rem, lampu, dan ban. Dari pemeriksaan tersebut, nantinya dapat diketahui mana saja yang perlu diganti.

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

Hariadi, Asstistant to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, Suzuki menawarkan paket servis dengan diskon 10 persen untuk jasa dan 5 persen untuk suku cadang.

"Tetapi, di diler tertentu saja. Ada juga Paket Pulkam seharga Rp 2,5 juta dan Paket Healing mulai Rp 600.000, tapi itu untuk komersial," ujar Hariadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hati-hati, Ini Jam Rawan Kecelakaan Berkendara Saat Mudik

Pelayanan di bengkel resmi Suzuki dalam memeriksa komponen meliputi 23 item. Sementara untuk penggantian komponen, biasanya dilakukan pada filter oli, busi, oil gasket, dan oli mesin.

Untuk biayanya, mengutip Suzuki.co.id, Minggu (24/4/2022), bisa mencapai Rp 957.450. Rinciannya adalah filter oli seharga Rp 35.500, busi seharga Rp 144.000, oil gasket dibanderol Rp 7.500, oli mesin Rp 308.450, dan untuk biaya jasanya Rp 462.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com