Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Daftar Nomor Telepon Penting buat Pemudik

Kompas.com - 24/04/2022, 07:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menggelar apel pasukan Operasi Ketupat 2022 untuk mengamankan jalannya mudik Lebaran nanti.

“Jumlah personil yang terlibat dalam Operasi Ketupat sebanyak 144.392 personil,” ujar Listyo, disitat dari NTMC Polri (24/4/2022).

Menurutnya, ratusan ribu personil itu terdiri dari 87.880 anggota Polri dan 56.512 personil dari instansi terkait seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan.

Baca juga: Sirkuit Formula E Ancol Tak Cocok buat Balap Motor?

Polisi mengecek kesiapan pos pemeriksaan pemudik di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Rabu (13/4/2022).Humas Polres Jembrana Polisi mengecek kesiapan pos pemeriksaan pemudik di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Rabu (13/4/2022).

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, para petugas siap menerapkan semua skema mudik.

“Jadi kita bisa dari Korlantas sewaktu-waktu untuk memerintahkan kepada jajaran, apabila ada instruksi untuk kita akan menerapkan ganjil genap, one way, dan segala macam, kita sudah latihkan,” ucap Firman.

Firman juga memastikan para petugas bakal melaksanakan kegiatan secara terukur dan maksimal demi keselamatan dan kelancaran bersama. Dia juga menyebut telah menggelar sejumlah simulasi dan uji coba sebelumnya.

Baca juga: Hitung Ongkos Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Toyota Kijang Innova Reborn Bensin

 

“Jadi kalau soal simulasi, uji coba, kita sudah latihkan kepada jajaran. Bentuknya kita menyebut tactical floor game,” kata dia.

Meski begitu, Irjen Firman memastikan bakal terus memantau perkembangan arus kendaraan setiap waktu. Terlebih, masyarakat diimbau agar mudik lebih awal.

“Jadi nanti kita akan mengikuti waktu demi waktu, perkembangan arus kendaraan yang berjalan. Dengan diimbaunya pulang lebih awal tentunya akan ada karakteristik pada tanggal 25 sebelum tanggal 28,” tutur Firman.

Baca juga: Suzuki Rilis Skutik Imut, Lets 2022

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Walaupun kepolisian telah memastikan jajarannya untuk memantau jalur mudik, tidak ada salahnya bagi kita untuk menyimpan nomor telepon penting yang bisa disimpan dan dipakai dalam keadaan darurat.

Dilansir dari Instagram @tmcpoldametro (24/4/2022), terdapat 10 nomor penting buat darurat. Di antaranya nomor Jasa Marga, Pertamina, kepolisian, dan lain sebagainya.

Baca juga: Melanggar Ganjil Genap Saat Mudik, Mobil Akan Dikeluarkan di Karawang

Ilustrasi. Daftar nomor telepon darurat di Yogyakarta berikut dapat dihubungi pada saat darurat untuk mendapatkan bantuan polisi, pemadam kebakaran, PLN, atau pertolongan medis.Shutterstock/Alexey Rotanov Ilustrasi. Daftar nomor telepon darurat di Yogyakarta berikut dapat dihubungi pada saat darurat untuk mendapatkan bantuan polisi, pemadam kebakaran, PLN, atau pertolongan medis.

Berikut ini daftar nomor telepon penting buat pemudik:

- Jasa Marga: 14080

- BBM Pertamina: 135

- Kepolisian: 110

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com