Ternyata Motor Bisa Mudik Gratis Pakai Kereta Lewat Program Motis KAI

Kompas.com - 23/04/2022, 08:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mengirim sepeda motor ke kampung halaman kerap menjadi tradisi yang dilakukan saat musim mudik tiba. Menyambut aktivitas mudik yang telah diperboleh tahun ini, ternyata pemudik dapat mengirim motor secara gratis menggunakan kereta.

Kementerian Perhubungan RI kembali menggulirkan program motis tahun ini. Dengan mengikuti program ini, motor pemudik dapat diangkut secara gratis oleh KAI Logistik.

Hal ini bertujuan agar mengantisipasi lonjakan pemudik dan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor.

Baca juga: Hitung Bobot Maksimal Barang Bawaan di Mobil

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga menyebutkan jika masa pendaftaran angkutan motis yaitu 20 April – 8 Mei 2022.

“Program ini berlaku untuk para pemudik yang telah memiliki tiket mudik. Baik itu tiket kereta api, bus, ataupun travel. Saat ini kapasitas angkut motor gratis yang diberikan sebanyak 9.280 dengan kapasitas harian sebanyak 928 motor,” kata Wisesa pada Kompas.com di KAI Logistik cabang Pasar Senen, Jakarta.

Persiapan Kai Logistik cabang Pasar Senen sambut mudik 2022, Jakarta Janlika putri Persiapan Kai Logistik cabang Pasar Senen sambut mudik 2022, Jakarta

Bagi yang berminat, peserta harus para peserta motis dapat mendaftar baik secara online dengan mengakses link bit.ly/motis2022.

Cara lainnya yaitu langsung mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk dan melayani angkutan Motis 2022.

Baca juga: Ganjil Genap Saat Arus Mudik, Polisi Minta Pemudik Sadar Diri

Peserta hanya perlu menunjukan STNK, KTP dan Tiket. Angkutan motis 2022 akan melayani rute pulang pergi (PP) dengan dua lintasan, yaitu lintas utara dan lintas selatan.

Usai mendaftar, masa angkutan motis arus mudik yaitu 26 April – 30 April 2022, dan untuk arus balik pada 05 Mei – 09 Mei 2022.

“Program ini hanya berlaku untuk motor maksimal 200 cc,” kata Wisesa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.