Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Motor Bisa Mudik Gratis Pakai Kereta Lewat Program Motis KAI

Kompas.com - 23/04/2022, 08:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Mengirim sepeda motor ke kampung halaman kerap menjadi tradisi yang dilakukan saat musim mudik tiba. Menyambut aktivitas mudik yang telah diperboleh tahun ini, ternyata pemudik dapat mengirim motor secara gratis menggunakan kereta.

Kementerian Perhubungan RI kembali menggulirkan program motis tahun ini. Dengan mengikuti program ini, motor pemudik dapat diangkut secara gratis oleh KAI Logistik.

Hal ini bertujuan agar mengantisipasi lonjakan pemudik dan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor.

Baca juga: Hitung Bobot Maksimal Barang Bawaan di Mobil

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga menyebutkan jika masa pendaftaran angkutan motis yaitu 20 April – 8 Mei 2022.

“Program ini berlaku untuk para pemudik yang telah memiliki tiket mudik. Baik itu tiket kereta api, bus, ataupun travel. Saat ini kapasitas angkut motor gratis yang diberikan sebanyak 9.280 dengan kapasitas harian sebanyak 928 motor,” kata Wisesa pada Kompas.com di KAI Logistik cabang Pasar Senen, Jakarta.

Persiapan Kai Logistik cabang Pasar Senen sambut mudik 2022, Jakarta Janlika putri Persiapan Kai Logistik cabang Pasar Senen sambut mudik 2022, Jakarta

Bagi yang berminat, peserta harus para peserta motis dapat mendaftar baik secara online dengan mengakses link bit.ly/motis2022.

Cara lainnya yaitu langsung mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk dan melayani angkutan Motis 2022.

Baca juga: Ganjil Genap Saat Arus Mudik, Polisi Minta Pemudik Sadar Diri

Peserta hanya perlu menunjukan STNK, KTP dan Tiket. Angkutan motis 2022 akan melayani rute pulang pergi (PP) dengan dua lintasan, yaitu lintas utara dan lintas selatan.

Usai mendaftar, masa angkutan motis arus mudik yaitu 26 April – 30 April 2022, dan untuk arus balik pada 05 Mei – 09 Mei 2022.

“Program ini hanya berlaku untuk motor maksimal 200 cc,” kata Wisesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com