Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Lebaran 2022 Bakal Padat, Ini Trik Hemat BBM Saat Macet

Kompas.com - 19/04/2022, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 diprediksi akan macet, Presiden Joko Widodo mengatakan, diperkirakan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan para pemudik.

Untuk itu, buat pengguna kendaraan atau mobil pribadi mesti paham cara berkendara eco riding. Tujuannya selain menghemat bahan bakar juga menjaga kondisi mesin dalam perjalanan jauh.

Baca juga: Trik Biar Tetap Fokus Berkendara Motor saat Puasa

One Way saat Mudik LebaranKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG One Way saat Mudik Lebaran

Jusri Pulubuhu, Founder dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakuka pengemudi mobil untuk menghemat BBM.

"Jika kondsi macet, saat bergerak pastikan mutaran mesin serendah mungkin, apalagi kalau manual, gas dipirit, agar semua kerja beban mesin jadi ringan," kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

"Kemudian antisipasi riding style, antisipasi semua dari jauh apa yang akan terjadi bisa dimengerti agar irama kecepatan dapat diatur daripada stop and go, kalau di depan ada macet kita jangan ngegas," katanya.

Baca juga: Jelang Mudik, Polda Banten Terapkan Ganjil Genap di Jalur Wisata

One Way saat mudik lebaranKOMPAS.com One Way saat mudik lebaran

Dalam situasi stop and go, kata Jusri, perhatikan cara menekan pedal gas. Cara terbaik ialah tidak terburu-buru sehingga membuat putaran mesin jadi tinggi.

"Ketika berhenti, misal dalam situasi stop and go, bejek gas mesti halus, kalau matik jangan kick down buat irama yang halus, agar putaran mesin tidak berteriak," katanya.

"Jangan berakselerasi, dan juga tidak banyak deselerasi tajam. Karena jika pengereman tajam maka pergerakan selanjutnya butuh bejek gas dan akan menyedot bahan bakar," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com