Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpaksa Buka Puasa Saat Mengendarai Mobil, Begini supaya Tetap Aman

Kompas.com - 19/04/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Berpuasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan berdiam diri di rumah. Ada banyak aktivitas yang harus tetap dilakukan saat menjalankan ibadah puasa, termasuk mengemudikan mobil.

Momen berbuka puasa memang idealnya dilakukan di rumah bersama keluarga atau tempat makan bersama orang terkasih. Namun, ada pula kondisi terpaksa ketika harus berbuka puasa di tengah perjalanan.

Membatalkan puasa saat tengah mengendarai mobil karena terjebak macet sudah lazim terjadi di kota besar, terutama Jakarta.

Baca juga: Jangan Asal, Belok Kiri Tidak Boleh Langsung Lihat Dulu Rambunya

Lantas, bagaimana cara berbuka puasa yang baik saat sedang mengendarai mobil?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, jika saat azan maghrib tiba sebagai tanda dari waktunya berbuka puasa, pengemudi harus berhenti mengemudikan mobil agar aman dan terhindar dari bahaya.

“Aktivitas itu harus dilakukan dengan khusuk, artinya kondisi stagnan yang mana tidak mengoperasikan mesin yang bergerak,” katanya baru-baru ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi berkendara.unsplash.com/Viktor Bystrov Ilustrasi berkendara.

Sony menjelaskan, cara aman untuk membatalkan puasa ketika berkendara yaitu menepikan mobil. Sebaiknya pengemudi menepikan mobil ke sisi kiri, lalu pastikan kendaraan berhenti di tempat yang aman.

“Lalu makan atau minum untuk berbuka puasa, tapi kondisi ini dilakukan kalau lalu lintas lancar,” ujar Sony.

Baca juga: 4 PO Bus yang Pakai Bodi Dream Coach, buat Mudik Perjalanan Jauh

Jika pengemudi berbuka puasa ketika aktivitas lalu lintas tidak menentu, seperti terjebak di tengah kemacetan, akan berbahaya.

Bisa saja ketika tengah asyik makan justru lalu lintas yang di depan lancar. Alhasil, pengguna kendaraan terganggu karena harus menunggu Anda yang sedang berbuka puasa di dalam mobil.

“Kalau di tengah kemacetan. Pastikan kendaraan berhenti dan aman untuk membatalkan puasa, tetapi hanya sesaat,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com