Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, Polda Banten Terapkan Ganjil Genap di Jalur Wisata

Kompas.com - 19/04/2022, 09:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Banten akan memberlakukan sistem ganjil-genap di jalur wisata untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kendaraan saat libur mudik.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menjelaskan bahwa jalur tempat wisata akan diberdayakan kembali ganjil genap untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas saat mudik.

"Khusus jalur ke tempat wisata, berdayakan kembali ganjil-genap dan sosialisasikan meluas," ucap Rudy seperti dikutip Kompas Regional, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Kawal Arus Mudik Lebaran 2022, Polda Jatim Maksimalkan Penerapan ETLE

Rudy juga menekankan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan ikut program vaksinasi Covid-19.

Untuk mendukung program vaksinasi, Polda Banten bersama dengan instansi dan lembaga lain juga akan membuka gerai vaksin di area Pelabuhan Merak dan di atas kapal laut.

"Gerai vaksin disiapkan di Merak. Mulai munculkan sosialisasi di spanduk di Jakarta, bagi yang ke Merak agar siapkan aplikasi PeduliLindungi dan persyaratan bisa menyeberang ke Merak," ucap Rudy.

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto.Dok. Humas Polda Banten Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto.

Selain ganjil-genap, Polda Banten juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun jalur arteri menuju Pelabuhan Merak, sebagai langkah antisipasi kepadatan kendaraan karena arus mudik.

Rudy juga menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan posko elayanan masyarakat terutama untuk pemudik, seperti tempat istirahat yang nyaman, toilet mobile di jalan arteri maupun pintu keluar tol.

Baca juga: Pertamina Sanksi SPBU yang Beri Izin Panther Isi Solar sampai 466 Liter

"Jika jalur tol di Merak padat, petugas dapat alihkan pengendara untuk exit di pintu tol lainnya," ucap Rudy.

Direktorat Lalu Lintas juga akan diarahkan untuk menyiapkan montir di titik kemacetan, agar kendaraan pemudik yang mogok bisa segera ditangani dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com