Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngabuburit Bermanfaat, Bersihkan Mobil Luar Dalam

Kompas.com - 17/04/2022, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Memasuki bulan puasa, ada banyak aktivitas positif yang dapat dilakukan. Seraya menunggu berbuka puasa, tak ada salahnya bagi pemilik mobil untuk membersihkan kendaraanya.

Jika selama ini banyak yang memilih untuk membersihkan mobil ke salon mobil langganan, namun tak ada salahnya mengerjakannya sendiri.

Saat menjalankan puasa di hari libur, tentunya melakukan aktivitas ini dapat mengisi waktu luang dengan lebih bermakna. Membersihkan mobil juga akan merawat kualitas agar tetap selalu prima.

Baca juga: Honda BR-V Jadi Low SUV Terlaris di Maret 2022


Menjaga kebersihan kendaraan roda empat dapat dilakukan secara mandiri tanpa menggelontorkan untuk pelayanan jasa membersihkan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan jika membersihkan mobil secara mandiri di rumah bisa dimulai dari bagian luar dan dalam mobil.

Pemilik mobil dapat mencuci mobil bagian eksterior dan membersihkan bagian interior mobil,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Ilustrasi interior mobil otonom Cruise AVmotortrend.com Ilustrasi interior mobil otonom Cruise AV

Bagian eksterior atau bodi merupakan bagian terluar mobil yang rentan bersentuhan dengan debu, lumpur dan juga berbagai cuaca sehingga rentan kotor. Agar tetap menjaga kilauan mobil, gunakanlah sabun atau sampo mobil dengan PH khusus. 

Apabila jarang mencuci mobil akan membuat kendaraan rentan karatan. Tidak hanya itu saja, pada bagian ban dan kaca juga harus dibersihkan saat sedang mencuci.

Kemudian, pada bagian interior dapat dimulai dari menyingkirkan hal tidak penting di dalam kabin. Mulai dari membuang sisa makanan hingga merapikan susunan benda-benda yang akan di bawa di mobil.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jadwal One Way Selama Periode Mudik Lebaran


Membersihkan interior mobil memang harus lebih ekstra karena harus menghilangkan noda kotoran atau sisa makanan. Jika noda sulit dihilangkan, menggunakan cairan khusus yang di jual di pasaran bisa jadi pilihan. 

“Pada bagian interior juga bisa dibersihkan dengan memvakum karpet, jok dan sebagainya,” ujar Didi.

Namun, tidak disarankan untuk membersihkan ruang mesin sendiri karena terdapat banyak komponen yang sensitif.

Jika salah saat membersihkan, justru akan membuat komponen rusak. Maka dari itu, amannya tidak membersihkan ruang mesin mobil tanpa memiliki keahlian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com