Dibanderol Rp 800 Jutaan, Apa Daya Tarik Jeep Compass Terbaru?

Kompas.com - 15/04/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeep Compass baru saja mengalami pembaruan per Desember 2021. Ubahan yang dilakukan cukup banyak, baik bagian eksterior, interior, sampai fitur-fitur yang disematkan.

Secara market, Jeep Compass bakal bersaing dengan duo Jerman, yakni BMW X1 dan Mercedes Benz GLA di segmen small SUV. Secara harga, Jeep Compass memang lebih murah, dibanderol Rp 820 jutaan, sedangkan yang lain di angka Rp 880 jutaan sampai Rp 900 jutaan.

Walaupun punya harga yang lebih murah, Jeep Compass masih jarang terlihat di jalan raya. Berbeda dengan dua saingannya yang nampak lebih disukai untuk menjadi SUV Premium perkotaan.

Baca juga: Ini Rasanya Bejek Jeep Compass ke Luar Kota

Jeep CompassKOMPAS.com/ADITYO WISNU Jeep Compass

Secara desain, Jeep Compass memang bukan selera orang kebanyakan. Desainnya lebih 'perkotaan' dibanding produk Jeep lainnya yang terlihat lebih kekar dan tangguh, siap dibawa bertualang.

Memang, Jeep Compass ini ditujukan sebagai kendaraan perkotaan. Dibekali mesin 1.400 cc dengan turbo, dengan sistem penggerak depan. Meskipun tenaga yang dihasilkan paling besar dibanding pesaingnya, yakni 163 TK dan torsi 250 Nm.

Secara fitur, Jeep Compass terbilang lengkap, misalnya untuk mengemudi, ada Idling Start Stop Engine, Cruise Control, rem sudah ABS dan EBD, Traction Control dan Stability Control.

Baca juga: Arus Mudik, One Way dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung

Kabin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jeep Compass

Bahkan Jeep Compass sudah dilengkapi Park Sense dengan Active Park Assist yang membantu mobil untuk parkir secara otomatis. Selain itu juga di bagian kabin ada panoramic roof, power outlet yang banyak dan bermacam-macam modelnya.

Pengemudi juga dimanjakan dengan layar instrumen full digital yang besar, 10,25 inci. Head unitnya pun sudah canggih, terkoneksi dengan navigasi GPS, serta fitur konektivitas smart phone yang wireless.

Tapi sayang, ada beberapa kekurangan dari Jeep Compass ini tentang fiturnya. Dengan harga Rp 800 jutaan, tidak dilengkapi dengan Advance Driving Assistance System (ADAS). ADAS ini sudah mulai jadi fitur yang ditemui pada kendaraan Rp 300 jutaan.

Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep Compass

Selain itu, Jeep Compass tidak dilengkapi dengan mode berkendara dan padle shift yang sebenarnya bisa menambah sensasi mengemudi untuk si pemiliknya. Jadi ketika di balik setir, mengemudikannya seperti ada yang kurang, sensasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.