Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Komponen mobil yang rusak sering kali disebabkan oleh ulah tikus. Kehadiran tikus kerap menjadi ancaman bagi pemilik mobil.

Tikus tidak hanya dikenal sebagai hewan pembawa sumber penyakit, hewan ini juga akan merusak apapun dan menimbulkan bahaya.

Apabila salah satu komponen mobil rusak, maka kinerja mobil akan terganggu. Dan tidak menutup kemungkinan mobil berpotensi kecelakaan saat digunakan.

Baca juga: Bahaya Nekat Terobos Perlintasan Kereta Api

Maka dari itu, jika menemukan komponen mobil ada yang tidak beres karena ulah tikus harus segera diperbaiki. Bila sudah rusak parah, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Biasanya komponen kelistrikan mobil menjadi objek yang sering tikus gigit. Jika dibiarkan akan membuat konsleting yang berbahaya.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan jika ada komponen lain di mobil juga kerap menjadi sasaran gigitan tikus.

Hantavirus berasal dari tikus dan hewan pengerat lainnya.FREEPIK/WIRESTOCK Hantavirus berasal dari tikus dan hewan pengerat lainnya.

“Tikus tidak hanya akan menggigit di satu bagian saja. Terkadang tikus menggigit kabel kelistrikan hingga putus. Ini akan menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Selain komponen kelistrikan, menurut Didi tikus juga merusak komponen plastik yang ada di mobil. Contohnya merusak plastik flap untuk sirkulasi udara luar sehingga membuat lubang. Lubang tersebut akan menjadi pintu masuk bagi tikus untuk ke dalam kabin dan beranak pinak.

Baca juga: Hyundai Klaim Ioniq 5 Terima 800 SPK Selama IIMS Hybrid 2022

“Tikus tidak membedakan mobil tua atau muda. Semua mobil akan di gigit,” ujar Didi.

Oleh karena itu, agar mobil tidak menjadi sasaran tikus, baiknya pemilik mobil mencegah datangnya tikus ke lingkungan tempat mobil berada.

Tikus merupakan hewan pengerat menyukai habitat tertutup yang kotor dan lembab. Maka dari itu, pastikan selalu kebersihan agar tikus tidak datang dan menggigit komponen mobil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.