Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Eksterior Jeep Compass, Jadi SUV Kota

Kompas.com - 12/04/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Das Indonesia Motor menghadirkan Jeep Compass di Indonesia sejak awal Desember 2021. Untuk variannya, hanya tersedia satu pilihan yakni Limited dengan berbagai fitur unggulan.

Redaksi Kompas.com baru saja mendapatkan kesempatan untuk mengetes Jeep Compass untuk beberapa hari. Pada tulisan kali ini, redaksi akan membahas secara desain eksterior Jeep Compass yang kompak, cocok untuk kaum urban.

Jika dilihat secara menyeluruh, Jeep Compass Limited yang kini hadir merupakan facelift dari model sebelumnya. Perbedaannya pun cukup signifikan, mengingat varian yang kini dihadirkan juga lebih mewah dibanding pendahulunya.

Baca juga: Lihat Jeep Bermesin V8 Racikan AM Putranto di IIMS 2022

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Membahas bagian depannya, ubahan yang dilakukan bisa dilihat pada sektor lampu-lampu dan bumper. Pertama untuk headlamp, menggunakan Jeep Performance LED yang terang, terutama di malam hari.

Sedangkan di bagian bumper, desainnya sedikit berubah namun tetap gagah dengan gril yang memanjang dari sisi kanan ke kiri. Gril yang dimaksud adalah yang ada di bawah, sedangkan di atasnya hanya hiasan saja, memakai model 7 bilah layaknya Jeep.

Pada bagian bumper ini juga dipasang fog lamp yang sudah LED. Selain jadi lampu kabut, fog lamp ini juga berfungsi sebagai cornering light, sehingga saat setir di putar ke kanan atau kiri, lampu akan menyala menerangi arah yang dituju.

Baca juga: PO Pendatang Baru, Indorent Bus Rilis Lagi Bus Tingkat untuk Armadanya

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Beralih ke bagian samping, terdapat aksen over fender berwarna hitam yang menjulur dari depan sampai ke belakang. Selain itu, pelek yang digunakan juga cukup besar, 18 inci dengan model dual tone.

Pada bagian samping ini juga bisa dilihat tulisan Compass yang ada di pintu depan, berbeda dengan mobil kebanyakan yang menaruh nama model kendaraannya di pintu bagasi.

Selain itu, dari samping makin terlihat kontras atap yang berwarna hitam dengan bodinya yang putih, alias dual tone. Selain itu juga di atapnya sudah dilengkapi dengan panoramic sun roof yang sangat lebar.

Baca juga: 2,54 Juta Kendaraan Bakal Mudik Tinggalkan Jabotabek via Jalan Tol

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Satu detail yang redaksi sukai dari bagian samping ini adalah aksen krom yang menyambung dari bagian bawah spion, ke atas pintu samping, menyambung ke bagasi belakang dan ke sisi sebaliknya.

Membahas bagian buritannya, secara desain, Compass yang baru lebih terlihat segar. Misalnya seperti lampu kombinasi yang housing-nya gelap namun untuk lampu rem dan malam, memakai mika berwarna merah.

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Selain itu, hanya lampu malam saja yang sudah memakai LED bar, sedangkan yang lain masih bohlam. Begitu juga untuk lampu kabut belakang (rear fog lamp) yang posisinya ada di bumper.

PT DAS Indonesia Motor membanderol Jeep Compass ini Rp 825 jutaan. Walaupun terdengar mahal, Jeep Compass adalah mobil paling murah pada portofolio produk Jeep Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com